Politik & Pemerintahan

Sumut Tuan Rumah Harganas ke-29, Jadi Semangat Seluruh Kepala Daerah Turunkan Stunting



Sumut Tuan Rumah Harganas ke-29, Jadi Semangat Seluruh Kepala Daerah Turunkan Stunting
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022. Hal tersebut diharapkan menjadi motivasi seluruh kepala daerah kabupaten/kota lebih semangat dalam upaya menurunkan angka stunting di daerahnya masing-masing.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah dalam Rapat Persiapan Harganas ke-29 di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (27/05/2022).

"Semoga Peringatan Harganas nantinya tak hanya sekadar seremonial saja, tapi membangkitkan semangat kita semua pemerintahan khususnya kepala daerah kabupaten/kota di Sumut dalam menekan angka stunting untuk menghasilkan ke depan generasi-generasi yang lebih baik, sehat dan mampu bersaing," ujar Musa Rajekshah.

Hadir dalam rapat Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kementerian Sekretariat Negara R Jadi Nugroho, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Muhammad Irzal, Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis dan jajaran OPD Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, mengaku tahun ini menjadi kali kedua Sumut menjadi tuan rumah Harganas, sebelumnya pada Harganas ke-4 Tahun 1997 Harganas dilaksanakan di Kota Binjai dibuka langsung oleh Presiden Soeharto. Insya Allah, tahun ini akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pemprov Sumut, tambah Ijeck, berharap dengan kehadiran Presiden RI di event berskala nasional tersebut, untuk menguatkan semangat seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat di Sumut dalam bersinergi meningkatkan kualitas keluarga sebagai institusi terkecil sumber kekuatan pembangunan bangsa dan negara. Terutama dalam rangka percepatan penurunan angka stunting Sumut yang dicatat Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 dari 24,8% menjadi 14% tahun 2024.

"Kami sangat berharap kehadiran Bapak Presiden Joko Widodo. Pada rapat perdana ini juga kami berharap kepada seluruh yang hadir untuk memberikan masukan dan saran. Banyak hal yang harus kita persiapkan dan Sumut siap menjadi tuan rumah," kata Ijeck.


Tag: