Politik & Pemerintahan

Setditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK Raih Sertifikat ISO 9001:2015



Setditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK Raih Sertifikat ISO 9001:2015
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Sekretariat Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Ditjen PKTL), berhasil meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 dari Badan Registrar AQC MIDDLE EAST FZE. ISO 9001:2015 bersifat generik, sehingga dapat diterapkan pada berbagai tipe organisasi, termasuk di Sekretariat Ditjen PKTL.

Penerapan SMM ISO 9001:2015 didasarkan pada 7 prinsip, yaitu: 1) Focus kepada pelanggan; 2) Kepemimpinan; 3) Keterlibatan seluruh staf; 4) Pendekatan proses; 5) Peningkatan berkelanjutan; 6) Pengambilan keputusan berdasarkan fakta/data; 7) Hubungan yang saling menguntungkan dengan para pihak. Prinsip-prinsip SMM tersebut selama ini telah dilaksanakan di lingkup Sekretariat Ditjen PKTL dalam proses mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, terutama area perubahan Penataan Tatalaksana.

Sekretaris Ditjen PKTL, Hanif Faisol Nurofiq mengatakan bahwa Sekretariat Ditjen PKTL terus melaksanakan upaya Reformasi Birokrasi dengan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business process) dan sumberdaya manusia aparatur.

Baca Juga : Edy Rahmayadi Ajak Aktivis Kehutanan Bantu Permasalahan Hutan di Sumut

“Kebijakan Reformasi Birokrasi diharapkan dapat mencapai peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi, dan peningkatan profesionalisme sumberdaya aparatur pemerintah, serta penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN), oleh karena itu layanan kepada masyarakat harus berkualitas, bebas KKN, efektif dan efisien, empati, terjangkau, akuntabel, adil dan tidak diskriminatif,” ujar Hanif, dilansir dari Menlhk.go.id, Kamis (23/09/2021).


Tag: