Politik & Pemerintahan

Sempat Memanas, Polsek Kutalimbaru Pastikan Situasi Kondusif Pasca Pilkades



Sempat Memanas, Polsek Kutalimbaru Pastikan Situasi Kondusif Pasca Pilkades
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Polsek Kutalimbaru memastikan situasi aman dan kondusif usai pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di wilayah hukum Polsek Kutalimbaru. Dua desa di wilayah hukum Polsek Kutalimbaru masing-masing Desa Namorube Julu dan Desa Perpanden, melaksanakan Pilkades, Selasa (12/12/2017).

 

Informasi dihimpun, usai pencoblosan yang berlangsung pukul 08.00 WIB-14.00 WIB, pihak calon nomor dua pada Pilkades Perpaden melakukan protes sebelum dilakukan penghitungan suara. Saksi dan perwakilan dari pihak calon nomor dua Usaha Surbakti mencurigai ada penambahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

 

Melihat situasi memanas oleh Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi Sitepu SH MH melalui pengeras suara agar para pihak tenang dan tidak ada yang membuat keributan. "Yang merasa menang jangan merasa gembira berlebihan. Yang merasa ada kecurangan silahkan kumpulkan bukti-bukti serahkan kepada panita pengawas," imbau Kapolsek.

 

Selanjutnya, dilakukan penghitungan suara. Hasilnya calon nomor urut 1 Setia Budi unggul dengan meraih 611 suara. Sementara calon nomor urut 2 Usaha Surbakti meraih 561 suara, sementara sebanyal 41 suara dinyatakan tidak sah. 

 

Usai penghitungan suara, situasi kembali mulai memanas, sehingga Kapolsek kembali mengambil pengeras suara dan menyampaikan imbauan. "Bapak ibu pengumuman pemenang Pilkades Perpanden sudah dibacakan. Agar kita ketahui bersama, apabila ada pihak- pihak yang merasa dicurangi agar berkoordinasi dengan panwas," imbau Kapolsek.

 

Selanjutnya, sekitar pukul 18.30 WIB, pemenang Pilkades Perpanden Setia Budi dikawal personil Polsek Kutalimbaru dan anggota Danramil Kutalimbaru pulang ke rumah. Sementara pihak yang kalah menyampaikan akan mengumpulkan bukti-bukti kecurangan, lalu meninggalkan TPS.

 

Sementara itu, di Desa Namorube Julu, Pilkades berlangsung aman dan lancar. Calon nomor urut 2 Setda E Ginting unggul dengan raihan 646 suara. Sementara calon nomor urut 1 Legino meraih 348 suara, suara tidak sah sebanyak 3 suara.(BS06)


Tag: