Politik & Pemerintahan

Sampaikan LKPj, Wakil Walikota Gunung Sitoli : Sejumlah Indikator Menunjukkan Tren Positif



Sampaikan LKPj, Wakil Walikota Gunung Sitoli : Sejumlah Indikator Menunjukkan Tren Positif
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli SE MSi menyampaikan sejumlah indikator di Kota Gunung Sitoli menunjukkan tren positif. Hal ini disampaikan pada Penyampaian Penjelasan Umum Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Gunungsitoli T A 2020, Rabu (31/03/2021).

Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli SE MSi bersama dengan Sekretaris Daerah, Asisten Sekda dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli menghadiri Rapat Paripurna tentang penyampaian Penjelasan Umum Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Gunungsitoli TA 2020.

Rapat Paripurna tersebut digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli dan dipimpin oleh Emmanuel Ziliwu, SE Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli serta diikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Rabu (31/03/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli SE MSi menjelaskan bahwa LKPJ Walikota Gunungsitoli sebagaimana dimaksud menggambarkan capaian program dan kegiatan pembangunan selama tahun 2020.

Dalam penjelasannya, Wakil Walikota menjelaskan hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan. “Beberapa capaian program dan kegiatan pembangunan selama tahun 2020 mengalami peningkatan meskipun sebagian indikator makro daerah mengalami perlambatan akibat pembatasan aktivitas sosial ekonomi karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia,” ungkapnya.

Baca Juga : Sampaikan LKPj 2020 ke DPRD Sumut, Gubernur Sebut Tiga Sektor Berbasis Desa Menjadi Unggulan

“Namun demikian kita patut bersyukur bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gunungsitoli menunjukkan trend positif, dimana angka IPM pada tahun 2020 berada pada angka 69,31 atau meningkat sebesar 0,01 apabila dibandingkan pada tahun 2019 yang berada pada angka 69,30. Demikian juga halnya dengan pendapatan perkapita pada tahun 2020 tercatat sebesar 40,17 (Juta) atau naik sebesar 1,46 (Juta) apabila dibandingkan pada tahun 2019 yakni sebesar 38,71 (Juta),” lanjutnya.


Tag: