Politik & Pemerintahan

Presiden Tinjau Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang di Kabupaten Kampar Riau



Presiden Tinjau Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang di Kabupaten Kampar Riau
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Riau, pada Rabu (19/05/2021), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Tol Pekanbaru â€" Bangkinang, yang berlokasi di Kabupaten Kampar. Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini merupakan salah satu seksi dari ruas Tol Pekanbaru â€" Padang, yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans Sumatera.

“Ini berada di sirip Pekanbaru â€" Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer, dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang,” ujar Presiden dilansir dari Setkab.go.id, Rabu (19/05/2021).

Sampai dengan saat ini, proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi ini telah mencapai 60,70 persen, sementara untuk proses konstruksi sendiri telah mencapai 65,60 persen. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada Desember 2021. Pengerjaan pembangunan ruas tol ini ini dilakukan dengan melibatkan subkontraktor lokal dan juga program padat karya tunai yang mampu menyerap sekitar 5.800 orang tenaga kerja.

Baca Juga : Penyekatan Jalur Masuk ke Kota Medan Diperpanjang Sampai 24 Mei 2021

Kepala Negara mengharapkan, dengan semakin banyaknya ruas jalan tol yang beroperasi juga akan semakin meningkatkan kecepatan pergerakan arus barang dan manusia antardaerah di Tanah Air. “Sekali lagi, dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat, dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain,” ujar Presiden.


Tag: