Politik & Pemerintahan

Pemko Medan Dukung Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya dan Ruang Terbuka Hijau



Pemko Medan Dukung Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya dan Ruang Terbuka Hijau
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pjs Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, mendukung dikembalikannya fungsi Lapangan Merdeka Medan sebagai cagar budaya dan ruang terbuka hijau yang memiliki nilai sejarah kemerdekaan di Kota Medan. Hal ini disampaikan Pjs Wali Kota Medan saat menerima audiensi dari Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Sumut di Kantor Wali Kota Medan, Senin (09/11/2020).

Dalam audiensi tersebut, Mayjend TNI (purn), M Hasyim selaku Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Sumut mengatakan tujuan dari audiensi ini ialah untuk menyampaikan rekomendasi terkait situs bersejarah yang ada di kota Medan. Dimana Hasyim dan pengurus lainnya berkeinginan agar Lapangan Merdeka Medan dikembalikan fungsinya seperti semula yaitu sebagai cagar budaya dan ruang terbuka hijau.

"Kita ingin lap. Merdeka dijadikan seperti sediakalah menjadi lapangan terbuka hijau yang memiliki nilai history sejarah perjuangan Kota Medan."kata Hasyim. Selain itu, Hasyim juga mengusulkan agar nama pahlawan nasional, Teuku M.Hasan yang merupakan Gubernur Provinsi Sumatra pertama dan nama Sutan Mohammad Amin Nasution yang merupakan Gubernur Sumut Pertama disematkan namanya sebagai salah satu nama jalan di Kota Medan.

Menanggapi hal tersebut, Pjs Wali Kota Medan, didampingi Plt Aspem Renward Parapat, dan Kaban Kesbangpol Sulaiman Harahap mengaku sedih melihat kondisi Lapangan Merdeka saat ini, karena ruang publik yang memiliki nilai sejarah panjang ini kehilangan nilai-nilai historynya.

Karena itu Pjs Wali Kota Medan sangat mendukung dengan rencana pengembalian fungsi Lapangan Merdeka Medan, sebab menurut Pjs Wali Kota Medan situs sejarah harus terus dipertahankan agar generasi mudah tetap mengingat sejarah dari Kota Medan. "Jangan sampai generasi millenial kita lebih mengenal Merdeka Walk ketimbang sejarah dari Lapangan Merdeka itu sendiri," ungkap Pjs Wali Kota Medan.

Di samping itu, terkait dengan nama jalan yang di usulkan, Pjs Wali Kota Medan akan segera mengkajinya lebih lanjut. "Secara pribadi saya juga ingin kedua nama pahlawan ini menjadi salah satu nama jalan di kota Medan," tandasnya. (Rel)


Tag: