Politik & Pemerintahan

Pemkab Pakpak Bharat Akan Lakukan Seleksi JPT Pratama



Pemkab Pakpak Bharat Akan Lakukan Seleksi JPT Pratama
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Lelang jabatan.
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat dalam waktu dekat akan melaksanakan Open Bidding atau Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama guna mengisi jabatan yang masih lowong pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

 

Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu MBA MFin menegaskan bahwa pelaksanaan seleksi terbuka JPT Pratama ini merupakan implikasi dari terbitnya  UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Permenpan dan RB No.13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama."Di mana dalam kedua peraturan tersebut dinyatakan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi harus dilakukan melalui seleksi terbuka," jelas Bupati dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id, Minggu (19/02/2017).

 

Dengan pola ini, lanjut Bupati, pengangkatan pejabat tidak lagi hanya mempertimbangkan senioritas pangkat, golongan atau pengalaman kerja maupun tingkat pendidikan namun harus melalui tahapan seleksi yang ketat baik seleksi administrasi, uji kompetensi atau assessment, penyusunan makalah dan wawancara yang dipandu oleh panitia seleksi.  

 

"Pola seleksi seperti ini tentu akan lebih transparan dan melalui seleksi terbuka ini diharapkan akan terpilih pejabat yang  berkualitas dan memiliki kompetensi yang tinggi serta memiliki kesiapan untuk berkinerja sebagai pimpinan OPD Pemkab Pakpak Bharat," tegas Bupati.

 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pakpak Bharat, Sartono Padang menjelaskan ada 14 JPT Pratama yang lowong saat ini, yaitu Staf ahli Bidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia dan Kesehatan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Kemasyarakatan, Asisten Pemerintahan pada Sekretariat Daerah, Asisten Administrasi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah.

 

Kemudian Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

 

"Pelaksanaan seleksi terbuka seperti ini juga pernah dilakukan pada Tahun 2016 untuk JPT Pratama Sekretaris Daerah," pungkas Sartono menambahkan. (BS02)

 


Tag: