Politik & Pemerintahan

Pemkab Deli Serdang Raih Penghargaan Smart Environment dari Kementerian Kominfo



Pemkab Deli Serdang Raih Penghargaan Smart Environment dari Kementerian Kominfo
beritasumut.com/BS05

beritasumut.com - Kabupaten Deli Serdang meraih penghargaan Smart City pada kategori Smart Environment dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),penghargaan diberikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI), Johnny Gerard Plate kepada Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan yang diwakili Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar. Bertempat di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Jalan BSD Grand Boulevard Raya, No.1, Tangerang 15339, Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Wakil Bupati didampingi Asisten Administrasi Umum, Dedi Maswardy SSos MAP, Kadis Kominfo Dr Dra Hj Miska Gewasari MM., Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir. Artini Siantaria Marpaung, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Remus Hasiholan Pardede M.Si.

Diraihnya penghargaan Smart Environment ini merupakan keberhasilan Pemkab Deli Serdang dalam sektor pengelolaan sampah. Program pengelolaan sampah yang mengantarkan Kabupaten Deli Serdang meraih penghargaan Smart Environment adalah Jumpa Madu, yang digagas Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, sejak tahun 2019 lalu.

Apa itu Jumpa Madu? Jumpa Madu merupakan akronim dari Jemput Sampah Terima Duit. Sampah merupakan persoalan umum di perkotaan dan pedesaan. Hal itulah yang melatarbelakangi lahirnya Program Jumpa Madu.

Produksi sampah rumah tangga yang terus meningkat dari waktu ke waktu, sehingga mulai memengaruhi kondisi lingkungan. Maka dari itu, perlu adanya pengelolaan yang baik agar sampah tidak mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, Program Jumpa Madu sebagai inovasi untuk mengatasi permasalahan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Wabup Deli Serdang, keberhasilan Pemkab Deli Serdang menyabet penghargaan Smart Environment tersebut, , tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen semua pihak, terutama perangkat daerah dalam menjalankan program-program sesuai master plan Smart City Deli Serdang.

"Syukur alhamdulillah atas penghargaan yang diberikan Kementerian Kominfo kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Tentunya, penghargaan ini merupakan kerja keras dan komitmen semua pihak dalam menjalankan program yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Wabup berharap, semua pihak, terutama seluruh pimpinan perangkat daerah, kecamatan, kelurahan dan desa untuk terus berkomitmen mewujudkan pelayanan yang lebih smart bagi masyarakat, dengan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu cara memberi kemudahan dalam setiap pelayanan yang diberikan.


Tag: