Politik & Pemerintahan

Pelantikan Wagubsu Bersamaan dengan Wagub Riau



Pelantikan Wagubsu Bersamaan dengan Wagub Riau
BERITASUMUT.COM/BS03
Gubsu dan Wagubsu.
Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sampai saat ini belum mengetahui jadwal pelantikan Wagubsu Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah, meskipun Biro Otda Setdaprovsu sudah langsung menanyakan ke Pemerintah Pusat perihal jadwal pelantikan itu.

 

"Sudah kita tanyakan, Pemerintah Pusat bilang menunggu Wagubsu Riau sepertinya. Nanti akan bersamaan dilantik oleh Presiden," kata Plt Kepala Biro Otonomi Daerah Setdaprovsu, Basarin Yunus Tanjung, Rabu (08/02/2017).

 

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Biro Hukum Setdaprovsu Sulaiman Hasibuan ketika ditanya terkait pelantikan Wagubsu ini juga mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal dari Pemerintah Pusat. Namun, diakuinya hingga saat ini pihaknya masih belum menerima salinan Kepres terkait Wagubsu tersebut.

 

“Sampai sekarang belum ada saya terima salinannya. Kalau untuk pelantikan itu juga masih menunggulah. Karena sebenarnya sudah tidak ada lagi kewenangan kita, semua hasil paripurna dari DPRD Sumut sudah kita laporkan, tinggal menunggu kewenangan dari Pemerintah Pusat lah menunggu kapan dilakukan pelantikan,” ujar Sulaiman.

 

Disinggung soal sisa masa jabatan yang hingga 17 bulan lagi, Sulaiman mengatakan hal itu tidak menjadi permasalahan untuk tetap melantik Wagubsu. Meskipun, sisa jabatan tinggal dua bulan lagi itu tidak masalah. Sebab, Tengku Erry Nuradi dilantik menjadi Gubsu pada bulan Mei 2016 lalu.

 

“Itu tidak masalah, tinggal dua bulan lagi pun  masih bisa dilantik. Sebab, Gubsu dilantik itu pada bulan Mei, dalam aturan menyebutkan untuk sisa masa jabatan 18 bulan lagi diwajibkan untuk didampingi Wagub, makanya hal itu tidak masalah, karena waktu yang dihitung mulai dari Gubsu dilantik,” terang Sulaiman.(BS03)

 


Tag: