Politik & Pemerintahan

Hadirkan Wamenlu, Setkab Gelar Webinar Penguatan Perwakilan RI di Luar Negeri



Hadirkan Wamenlu, Setkab Gelar Webinar Penguatan Perwakilan RI di Luar Negeri
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Sekretariat Kabinet menggelar Webinar bertajuk “Penguatan Perwakilan RI dalam rangka Peningkatan Diplomasi untuk Mencapai Kepentingan Nasional”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Keasdepan Bidang Hubungan Internasional (HI), Kedeputian Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 12-13 Oktober 2021.

Penyelenggaraan diskusi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum masukan-masukan dari para pakar dan praktisi mengenai upaya penguatan Perwakilan RI di luar negeri. Hal tersebut nantinya diharapkan dapat memperkaya wawasan dan bahan peserta seminar untuk mendorong terwujudnya Perwakilan RI yang andal dan efektif.

“Ini penting karena hampir semua peserta seminar merupakan stakeholder dari penguatan perwakilan RI. Sebagian peserta adalah perumus kebijakan dan nantinya akan melaksanakan kebijakan yang diambil,” kata Deputi Bidang Polhukam, Setkab, Purnomo Sucipto dalam seminar hari kedua, Rabu (13/10/2021).

Sebelumnya, pada seminar hari pertama, Selasa (12/10/2021), Purnomo mengungkapkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian besar terhadap penguatan Perwakilan RI.
Presiden, lanjutnya, beberapa kali menyampaikan arahan terkait hal ini. Presiden menginginkan agar Perwakilan RI mampu menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. “Arahan-arahan itu disampaikan dalam rapat-rapat kerja dengan Kepala Perwakilan RI tiga kali tahun 2015, tahun 2018, dan tahun 2020. Jadi kita bisa melihat betapa concern dari Presiden terkait dengan Perwakilan RI ini,” ujarnya.


Tag: