Politik & Pemerintahan

Disdukcapil Kota Gunungsitoli Butuh Pasokan Blangko KTP-el



Disdukcapil Kota Gunungsitoli Butuh Pasokan Blangko KTP-el
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Gunungsitoli, Bernadine Telaumbanua didampingi Sekretaris Dinas Suardin Halawa mengaku saat ini pihaknya sangat membutuhkan pasokan blangko sebanyak 12.500.

 

“Sejak Tahun 2016 lalu telah kita ajukan ke pusat sebanyak 15.000 blangko KTP-el, dan baru kita terima sebanyak 3.000 blangko,” ujar Bernadine di kantornya, di Jalan Pancasila, Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, akhir pekan kemarin.

 

Bernadine menyebutkan, untuk blangko yang ada Dipergunakan bagi warga yang sudah lama merekam dan belum punya KTP-el.Selain itu juga diperuntukkan bagi warga masyarakat yang melakukan perubahan status dan anak yang memasuki usia 17 Tahun.“Makanya pada bulan Juli ini kita sudah ajukan lagi sebanyak kekurangan itu melalui provinsi. Ini sudah kedua kali kita ajukan setelah sebelumnya pada Januari lalu," sebutnya.

 

Untuk sementara, lanjut Bernadine, dengan segala keterbatasan yang ada, pihaknya tetap memberikan pelayanan maksimal kepada warga masyarakat yang mengajukan rekaman kependudukannya dengan tata cara yang diterapkan Disduk.“Bila ada warga yang butuh mendesak KTP maka di terbitkan Surat Keterangan (Suket)," tegasnya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kepulauan Nias 1, Rahmatsyah Telaumbanua berharap agar Pemerintah Pusat dapat segera membantu menurunkan blangko yang kini menjadi kebutuhan mendesak di Kota Gunungsitoli.

 

“Kasihan masyarakat karena mereka kadang terkendala untuk melakukan atau mendapat akses pelayanan publik. Seperti urusan di Bank dan lembaga BUMN lainnya,” pungkasnya. (BS03)


Tag: