Politik & Pemerintahan

Dibuka Seleksi Kompetensi Calon Pimpinan BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal



Dibuka Seleksi Kompetensi Calon Pimpinan BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), H Ahmad Qosbi SAg MM, membuka Seleksi Kompetensi Calon Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Madina dengan tahap seleksi kompetensi dan seleksi wawancara.

Kakan Kemenag Kabupaten Madina menyampaikan, seleksi ini digelar untuk mengisi kekosongan 2 (dua) pimpinan BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal. "Kedua jabatan pimpinan yang kosong ini, dikarenakan keduanya telah meninggal dunia yaitu Drs Aswin Hasibuan dan H Samaun Saleh Hasibuan SAg," ujarnya, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Rabu (08/09/2021).

Kakankemenag Madina yang juga selaku Sekretaris Panitia Seleksi menegaskan bahwa BAZNAS adalah lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. "Menurut regulasi BAZNAS bertugas dan berfungsi melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pelaporan, dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat," sambungnya.

Baca Juga : Kemenag Madina Gelar Evaluasi Penyelenggaraan MTQ/STQ 2021 Tingkat Kabupaten

"Karenanya, Kementerian Agama dan Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berdasarkan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas," paparnya.

Kakan Kemenag Madina berharap, siapun yang terpilih dari 7 orang peserta yang mengikuti seleksi pimpinan Baznas nantinya, dapat bersinergi dan dapat bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Mandailing Natal dengan hati ikhlas dan istiqamah untuk mengelola zakat dari para agniya atau ASN. "Serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan memberdayakannya sehingga masyarakat, utamanya umat Islam merasakan kemanfatannya untuk kemaslhatan umat," pungkasnya. (BS09)


Tag: