Politik & Pemerintahan

Berbagi Pengalaman Tim Kewaspadaan Dini, Wali Kota Solok Lakukan Kunjungan ke Pemko Medan



Berbagi Pengalaman Tim Kewaspadaan Dini, Wali Kota Solok Lakukan Kunjungan ke Pemko Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan kerja Wali Kota Solok H Zul Elfian Umar di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Rabu (27/10/2021). Kunjungan Wali Kota Solok ini bertujuan untuk saling berbagi pengalaman dengan Pemko Medan tentang Tim Kewaspadaan Dini.

Dalam kesempatan itu, Bobby sembari memaparkan tentang Kota Medan berikut menjabarkan visi misi Medan Berkah, Maju, dan Kondusif. Bobby juga memaparkan lima program prioritas, yakni bidang kesehatan terkait penanganan Covid-19, penanganan banjir, pembenahan infrastruktur, kebersihan, dan pembenahan kawasan heritage."Dengan dua program penunjang yakni peningkatan PAD dan reformasi birokrasi," terang Bobby.

Baca Juga : Ajak Perempuan Tingkatkan Pendapatan Keluarga, TP PKK Kota Medan Gelar Pelatihan Pembuatan Kue

Bobby memberikan penjelasan secara gamblang hal-hal yang ditanyakan oleh Wali Kota Solok dan rombongan, di antaranya soal pengalihan sebagian kewenangan pengelolaan kebersihan kepada kecamatan dan tentang asesmen kepala lingkungan.

Bobby meminta Kaban Kesbangpol Medan Arjuna Sembiring memaparkan tentang Tim Kewaspadaan Dini Pemko Medan. Dalam pemaparannya, Arjuna menyampaikan, Tim ini bertugas merencanakan, melaksanakan, dan merumuskan kegiatan Kewaspadaan Dini.

Di samping itu, Tim ini juga bertugas mencari, mengumpulkan, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan data/informasi/bahan keterangan dengan unsur intelijen daerah lainnya mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di Kota Medan.

Arjuna menyebutkan, Tim juga mengoordinasikan fungsi dan kegiatan Tim Kewaspadan Dini Kecamatan/Kelurahan, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kota Medan dalam pelaksanaan kewaspadaan dini terhadap potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di daerah yang mengancam stabilitas nasional.“Kepala lingkungan juga turut membantu tim kewaspadaan dini,” sebut Arjuna.

Arjuna menambahkan, Tim ini juga bertugas memberikan rekomendasi kepada Wali Kota sebagai bahan pencegahan dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di Medan.

Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengungkapkan kegembiraan atas sambutan hangat dari Pemko Medan. Dia menyebutkan, selain mempererat silaturahmi, kunjungan mereka ini bertujuan untuk saling berbagi soal penerapan Tim Kewaspadaan Dini di Kota Medan.(BS09)


Tag: