Peristiwa

Soal Kabar Penggunaan PAC Tak Bersertifikasi SNI, PDAM Tirtanadi Bungkam



Soal Kabar Penggunaan PAC Tak Bersertifikasi SNI, PDAM Tirtanadi Bungkam
BERITASUMUT.COM/BS03
Pengamat Sosial, Idrus Djunaidi SH

Beritasumut.com-Pihak PDAM Tirtanadi diminta transparan dalam penggunaan Poly Aluminium Chloride (PAC) sebagai bahan kimia dasar pengolahan air bersih. Selain harus memnggunakan produk yang bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) produk kimia yang digunakan juga harus ramah lingkungan dan tidak membahayakan konsumen selaku pengguna air bersih PDAM Tirtanadi.

Adanya isu pihak PDAM Tirtanadi tidak menggunakan Poly Aluminium Chloride (PAC) yang bersertifikasi SNI mendapat perhatian khusus dari Idrus Djunaidi SH selaku pengamat sosial. Dalam bincangnya kepada para wartawan di Medan, Rabu sore (24/6/2020), Idrus mengingatkan kepada jajaran Direksi PDAM Tirtanadi untuk tidak menganggap remeh persoalan sertifikasi SNI pada produk PAC yang mereka gunakan selama ini.

"Jika benar PDAM Tirtanadi menggunakan bahan kimia PAC yang tidak bersertifikasi SNI, ini berarti masyarakat selaku konsumen air bersih dari PDAM Tirtanadi telah dirugikan dalam kualitas air bersih dan berdampak buruk bagi kesehatan para pengguna air PDAM Tirtanadi," papar Idrus.

Dijelaskan oleh Idrus bahwa selama ini mungkin masyarakat konsumen air bersih PDAM Tirtanadi tidak mempersoalkan tentang metode dan cara kerja PDAM Tirtanadi dalam memproduksi air bersih, tapi setidaknya pihak PDAM Tirtanadi tidak bersikap asal dalam menggunakan bahan kimia yang menjadi bahan dasar pengolahan air.

Sertifikasi SNI yang diterbitkan oleh Badan Standarisasi Nasional untuk penggunaan PAC bagi Idrus sangatlah penting terutama dalam hal perlindungan terhadap konsumen dalam kaitan keleselamatan, kemanan dan kesehatan."Artinya kalau PDAM Tirtanadi tidak menggunakan zat kimia yang bersertifikasi SNI berarti tidak ada jaminan keselamatan, kemanan dan kesehatan bagi pelanggan PDAM Tirtanadi," jelasnya.

Untuk itu Idrus berharap Dirut PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri segera menyikapi isu tidak adanya sertifikasi SNI untuk produk PAC yang digunakan oleh PDAM Tirtanadi."Kita tidak berharap terjadi kegaduhan di masyarakat akibat adanya kelalaian dari jajaran Direksi PDAM Tirtanadi yang mengabaikan sertifikasi SNI untuk PAC yang digunakan dan Gubernur Sumut sebagai pengendali saham PDAM Tirtanadi hendaknya bertindak tegas bila ditemukan penyimpangan dalam penggunaan bahan kimia berbahaya dalam pengolahan air," tegas Idrus.

Idrus juga meminta Yayasan Lembaga Konsumen Sumut dan Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan turun tangan melakukan penyelidikan untuk memastikan dugaan penggunaan PAC yang tidak bersertifikasi SNI.

Sementara itu, Humas PDAM Tirtanadi Adenin Ginting saat dikonfirmasi melalui pesan singkat What App masih enggan berkomentar tentang kabar penggunaan penggunaan Poly Aluminium Chloride yang tidak bersertifikasi SNI. Adenin Ginting belum bisa memberikan jawaban dan minta waktu untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan.(BS03)


Tag: