Peristiwa

Uji Kompetensi Wartawan Angkatan 36-37 PWI Sumut, Dari 53 Peserta, 3 Dinyatakan Tidak Lulus



Uji Kompetensi Wartawan Angkatan 36-37 PWI Sumut, Dari 53 Peserta, 3 Dinyatakan Tidak Lulus
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 36-37 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut yang diikuti 53 peserta resmi ditutup, Kamis (25/02/2021). Selama dua hari hari berturut-turut para peserta diuji ketrampilan, pengetahuan dan pemahaman sebagai wartawan.

Direktur UKW Pusat, Rajab Ritonga dalam penutupannya di Hotel Grand City Hall Medan mengatakan, dari 53 peserta, 3 diantaranya dinyatakan tidak lulus. "Hanya 50 peserta yang lulus dan layak menjadi wartawan berkompeten," ucapnya.

Dia mengaku, bangga melihat peserta yang ada di Kota Medan ini cukup banyak. "Dan saya bangga melihat wartawan yang ikut UKW mempunyai kualitas baik dan tetap mematuhi pedoman Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," paparnya.

UKW angkatan 36-37 dibagi menjadi 3 kelas masing-masing muda, madya dan utama. "Para peserta yang lulus juga terus belajar menjadi wartawan yang profesional," tambahnya.

Sayangnya sambungnya, ada 1 peserta yang terlambat dan terpaksa dikeluarkan dari UKW di Hotel Grand City Hall Medan. Karena itu, diharapkan, semua wartawan yang ada harus mempunyai sikap baik dan disiplin dalam mengikuti UKW ke depannya. "Kepada peserta yang tidak lulus diharapkan terus belajar dan bisa mengikuti UKW beberapa bulan mendatang," pesannya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut H Hermansyah SE mengaku, kegiatan UKW untuk angkatan 36-37 yang resmi ditutup hari ini bersifat gratis. "Saya bangga peserta yang ikut UKW Dewan Pers yang terbanyak dan berkualitas menjadi wartawan berkompeten. Para peserta yang dokumen pendaftarannya lengkap serta yang mendaftar sebagai peserta UKW sebanyak 200 orang," jelasnya.

Disebutkanya, karena peserta dibatasi yang ikut UKW hanya berjumlah 54 dan seorang peserta tersebut mengalami sakit. "Selamat kepada 50 peserta UKW angkatan 36-37 lulus menjadi wartawan berkompeten," tandasnya. (BS04)


Tag: