Peristiwa

Terkait Penanganan Surat Resmi Jika Terjadi Bencana di Sumut, Inilah Saran Bupati Sergai



Terkait Penanganan Surat Resmi Jika Terjadi Bencana di Sumut, Inilah Saran Bupati Sergai
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Dengan menggunakan helikopter, tim Basarnas Sumut berhasil menyelamatkan salah seorang nelayan yang tenggelam akibat diterpa angin kencang di Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Rabu (23/08/2017). Sedangkan lima orang lainnya berhasil diselamatkan oleh tim SAR setelah melakukan pencarian menggunakan speed boad dan perahu karet.

 

Sebelumnya, di pesisir pantai tim SAR juga disibukan dengan aksi heroik melakukan penolongan tanggap darurat terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir rob. Berdasarkan data yang diterima dari posko bencana diketahui terdapat dua orang meninggal dunia, 6 orang luka berat dan 15 orang luka ringan. Banjir rob juga mengakibatkan 7 rumah rusak berat sehingga memaksa penghuninya mengungsi.

 

Peristiwa ini merupakan simulasi latihan gabungan penanggulangan bencana Sumut Tahun 2017 yang dihadiri Gubernur Sumut Dr Erry Nuradi, Kasdam I BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir Soekirman, perwakilan unsur Forkopimda Provsu dan Serdang Bedagai.

 

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman mengapresiasi dan mengaku bangga pelatihan gabungan penanggulangan bencana Provinsi Sumut 2017 dilaksanakan di Pantai Cermin. Dalam kesempatan tersebut Soekirman memberikan masukan agar tim SAR dalam melakukan penanganan korban bencana juga memikirkan keselamatan data atau surat resmi seperti KK, Akte, Ijazah milik korban. 

 

Pasalnya, lanjut Soekirman, pasca terjadinya bencana banyak masyarakat direpotkan dengan persoalan administrasi karena data-data mereka hilang saat terjadinya bencana.“Perlu adanya perhatian khusus saat tanggap darurat bencana perlu diselamatkan surat-surat menyurat itu. Karena ini sering lepas dari perhatian kita,” pungkasnya.(BS03)

 


Tag: