Peristiwa

Terdampak Pembangunan Ruas Jalan Tol, 90 Warga Serdang Bedagai Terima Ganti Rugi



Terdampak Pembangunan Ruas Jalan Tol, 90 Warga Serdang Bedagai Terima Ganti Rugi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya menghadiri kegiatan pelaksanaan pemberian uang ganti kerugian pengadaan tanah untuk proyek Jalan Tol Tebing Tinggi-Prapat-Sibolga (Ruas I Tebing Tinggi-Siantar), bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu yang telah mendukung program ini dengan memberikan tanahnya untuk pembangunan proyek jalan tol. Pemberian dana ganti rugi yang Bapak dan Ibu terima merupakan hasil pendataan dan penilaian yang dilakukan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang bersifat independen,” ujar Bupati dilansir dari laman sergai, Minggu (25/07/2021).

Baca Juga : Evaluasi PPKM Darurat, Massa Kelompok Cipayung Geruduk Kantor Walikota Medan

Bupati menyebut, dukungan masyarakat terhadap pembangunan ini merupakan hal yang sangat penting mengingat pembangunan ruas jalan tol ini merupakan program strategis nasional untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata serta pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya pembangunan jalan tol ruas Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat ini, tentu akan sangat memperlancar pertumbuhan sektor perekonomian masyarakat dan pariwisata, utamanya untuk menuju salah satu destinasi unggulan Sumut, Danau Toba, yang nantinya dapat ditempuh dengan jarak tempuh yang lebih cepat. Oleh karena itu, pelaksanaan pembangunannya harus kita dukung bersama,” tuturnya.

Bupati berharap uang yang diberikan kepada warga penerima sebagai ganti rugi lahan bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan produktif."Saran saya, pakai uang tersebut untuk modal usaha. Kurangi sektor belanja untuk hal-hal yang konsumtif, terlebih saat ini kita masih ada dalam kondisi pandemi,” sambung Bupati.

Seperti diketahui, ada 90 warga Sergai pemilik lahan yang mendapat gati rugi. Secara simbolis Bupati menyerahkan ganti rugi kepada salah satu warga atas nama Dumoran Sijabat yang menerima total ganti rugi sebesar Rp 845.616.272.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy, Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provsu Abdul Rahim, para asisten, serta para warga penerima ganti rugi pengadaan tanah yang terkena ruas jalan tol.(BS09)


Tag: