Peristiwa

Tangkap Dua Eksekutor Pembakar Rumah Wartawan, Polisi Dalami Keterlibatan Pelaku Lain



Tangkap Dua Eksekutor Pembakar Rumah Wartawan, Polisi Dalami Keterlibatan Pelaku Lain
beritasumut.com/BS04

beritasumut.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya menangkap dua eksekutor pembakaran rumah wartawan bernama Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo, Kamis (27/06/2024) lalu.

Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime Investigation (CSI) yang dilakukan oleh penyidik.

Adapun kedua eksekutor yakni, RAS (37) dan YT alias Selawang (36). RAS sendiri bertugas sebagai driver atau pengemudi motor, sedangkan YT alias Selawang berperan menyiramkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang sudah dicampur solar ke rumah korban.

Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu oleh kedua eksekutor tersebut menewaskan empat orang. Selain Rico Sempurna Pasaribu, juga istrinya Efprida boru Ginting (48), anaknya SIP (12), dan cucunya LS (3), ikut jadi korban.

"Scientific Crime Investigation merupakan metode memadukan antara teknik prosedur, dan teori ilmiah untuk mengumpulkan bukti dalam melawan kejahatan dan memenuhi kebutuhan hukum. Metode ini digunakan agar polisi mendapatkan kesimpulan berdasarkan keidentikan dari berbagai sudut pandang disiplin keilmuan, sehingga penyebab kebakaran itu dapat terungkap secara terang-benderang," ungkapnya bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI M Hasan, di Mapolres Karo, Senin (08/07/2024).

Lebih lanjut Agung mengatakan, pelaku YT membeli sebotol pertalite dan solar seharga Rp130 ribu kemudian dicampur dan diaduk dalam jerigen. BBM itu dimasukkan ke dalam dua botol bekas minuman. Untuk menutupi wajah dan badan, kedua pelaku mengenakan sebo atau penutup kepala serta selimut saat beraksi.

Tak lama Kemudian, YT dibonceng RAS menggunakan sepeda motor matic menuju rumah Rico Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti. Sesampainya di rumah korban, kata Agung, mereka tidak berhenti, melainkan memperlambat kecepatan motor matic sembari memastikan ada atau tidak orang di dalamnya.

Ketika itu, tutur Agung Setya, YT melihat situasi di sekitar lokasi, sedangkan RAS mengawasi. Setelah memastikan aman, YT menyiramkan dua botol cairan mudah terbakar ke sekeliling rumah Sempurna Pasaribu. Mulai dari pintu depan hingga dinding rumah, lalu menyulutnya menggunakan mancis.


Tag: