Peristiwa

Sulitnya Dapat SIM, Ditengarai Jadi Penyebab Maraknya Pemalsuan SIM



Sulitnya Dapat SIM, Ditengarai Jadi Penyebab Maraknya Pemalsuan SIM
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengemukakan, praktik pemalsuan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru-baru ini, bukan disebabkan tingginya permintaan pembuatan SIM 'tembak', melainkan karena sulitnya memperoleh SIM melalui jalur resmi, baik dari proses pengurusan maupun mekanisme pengujian kepada para pemohonnya.

 

Ditambah lagi, pembuatan SIM yang ada membutuhkan biaya cukup lumayan dengan keharusan sertifikat berkendara."Memang banyak indikasi-indikasi yang kita temukan menyangkut kenapa pemalsuan SIM ini bisa dilakukan. Kita juga mendapat informasi-informasi demikian setelah diungkapnya kasus ini. Untuk itu berbagai hal berkaitan kasus ini tentu masih didalami lebih jauh," ungkap Paulus Waterpauw kepada wartawan di lokasi penggerebekan SIM palsu di Jalan Bakti Luhur, Gang Sairun, No.9, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, Sabtu (30/09/2017).

 

Dari indikasi-indikasi tersebut, dikatakan Paulus, pihak kepolisian saat ini masih menyelidiki dugaan adanya sindikat pembuat SIM palsu serupa di tempat lain. Terlebih lagi, menurutnya, sangat sulit membedakan secara fisik antara SIM palsu dengan SIM asli dengan mata telanjang.

 

"Ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan kembali dalam analisa evaluasi berkaitan kasus itu, karena sulit membedakan yang asli dengan yang palsu. Nantinya masalah itu juga harus segera diantisipasi lebih lanjut, khususnya oleh Ditlantas Polda Sumut dan Satlantas Polrestabes Medan," pungkas Paulus.(BS04)

 


Tag: