Peristiwa

Resmi Beroperasi Area Pengolahan Sampah Kawasan Terpadu di Lumban Pea, Kabupaten Toba



Resmi Beroperasi Area Pengolahan Sampah Kawasan Terpadu di Lumban Pea, Kabupaten Toba
BERITASUMUT.COM/IST
Deputi IV Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Neni Hendiarti yang hadir menambahkan bahwa peresmian kawasan terpadu ini sangat baik untuk mendorong keterlibatan masyarakat dan menggandeng pihak swasta dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang lebih terintegrasi. Persoalan sampah memang menjadi ttanggung jawab semua, termasuk pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan juga pihak swasta.

“Kita semua bertanggung jawab untuk memastikan pengolahan sampah yang baik dari pengelolaan awal hingga akhir, Oleh karenanya pemerintah sangat menekankan kerja sama multisektoral. Mulai dari menggandeng PTTEP sebagai pihak swata, penyediaan insinerator hingga kegiatan edukasi, fasilitas dan teknologi yang dibina oleh Bank Sampah Bersinar dan pihak lainnya, kami berharap masyarakat Toba dapat mengambil peran aktif untuk menjaga kebersihan kawasan Toba, semakin bertanggung jawab atas sampahnya, dan menjadi contoh yang baik bagi Indonesia, Sebagi salahsatu kawasan wisata prioritas di Indonesia,” jelasnya.

Senada itu, General Manager PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam mengaku bangga dapat mendukung peresmian Area Pengolahan Sampah Kawasan Terpadu di Toba dengan menyumbangkan program yang meliputi: pelaksanaan pembelajaran pengelolaan sampah, pengembangan bank sampah dan pendampingan masyarakat serta unit insinerator Stungta karya anak bangsa yakni PT.Pindad. Kami berharap ini menjadi awal dari pengolahan sampah yang berkelanjutan di Kawasan Toba. (BS09)


Tag: