Peristiwa

Program Sedekah Sampah , 610 Kg Sampah Terhimpun, 400 Paket Takjil Dibagi Gratis



Program Sedekah Sampah , 610 Kg Sampah Terhimpun, 400 Paket Takjil Dibagi Gratis
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Ubah Sampah Jadi Berkah. Tagline ini cukup tepat menggambarkan program penanganan sampah di Kecamatan Medan Barat. Berkolaborasi dengan starup Kepul, Jumat (08/04/2022) petang, pihak Kecamatan Medan Barat berhasil menghimpun 610 kg sampah warga atau senilai Rp 751.400. Lalu dikonversi menjadi 400 paket takjil, kemudian dibagi-bagikan kepada warga yang melintas di Jalan T. Amir Hamzah, simpang Jalan Karya, Kelurahan Sei Agul.

Kegiatan ini cukup menarik perhatian warga yang melintas di kawasan tersebut. Selain karena adanya pembagian takjil, di sekitar lokasi juga tampak bersusun-susun sampah yang telah dikemas goni plastik. Sampah yang terdiri dari antara lain sarang telur, buku, kardus, besi, goni, plastik, kabin, kaca, botol plastik juga barang-barang bekas lainnya ini diangkut ke lokasi dengan menggunakan gerobak sampah kelurahan.

Ditemui di sela-sela kegiatan yang bertajuk "Sedekah Sampah Berbagi Takjil Berkah", Camat Medan Barat, Lilik, menerangkan sampah ini berasal merupakan sedekah warga dari enam kelurahan di Medan Barat.

"Kegiatan ini kita adakan di Kelurahan Sei Agul, namun sampah-sampah yang dihimpun ini juga berasal dari lima kelurahan lainnya di Medan Barat, yakni Glugur Kota, Pulo Brayan Kota, Karang Berombak, Silalas, dan Kesawan," terangnya.

Lilik mengatakan Medan bersih adalah salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution yang harus dilaksanakan OPD di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kecamatan Medan Barat. Dibutuhkan program penanganan sampah yang dapat mengatasi keterbatasan lahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sekaligus mengurangi volume sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Akhirnya, secara kolaborasi dengan kepul.id kita jalankan program sedekah sampah. Awalnya, program ini hanya dilaksanakan di Kelurahan Sei Agul, namun kini telah melibatkan seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Barat," ujar Lilik didampingi Lurah Sei Agul, Muhammad Aidiel Putra Pratama.


Tag: