Peristiwa

Polrestabes Medan Gelar Donor Darah Massal, Sambut HUT Bhayangkara ke-75



Polrestabes Medan Gelar Donor Darah Massal, Sambut HUT Bhayangkara ke-75
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com - Transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat sekaligus pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju. Sehubungan dengan itu, Polrestabes Medan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Medan, menggelar donor darah secara massal dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 yang digelar di Aula Sat Reskrim Polrestabes Medan, Rabu (23/06/2021).

Kegiatan donor darah massal tersebut diikuti dengan seluruh jajaran Polrestabes Medan, mulai dari Bag Sat dan Sie serta Polsek jajaran. "Kegiatan sosial kemanusian ini merupakan agenda dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-75," ucap Aiptu Rinto Sitorus Panit 2 Sabhara Polsek Medan Helvetia.

Dia mengatakan, dalam kegiatan sosial ini dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat dan menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah ini, sebab tergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing-masing anggota. "Tentu sebelum donor darah dilaksanakan, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya dengan ketat, apalagi seperti kondisi saat pandemi ini," paparnya.

Baca Juga : Indonesia Miliki Bank Data 37,9 juta Golongan Darah, Paling Banyak Bergelar Doktor Golongan Darah O

Aiptu Rinto juga menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan Standart Oprasional Prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19.

Selain menyambut Hari Bhayangkara ke-75, lanjut dia, kegiatan sosial dengan donor darah itu juga bertujuan untuk menanamkan kepada anggota jajaran Polrestabes Medan untuk memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah, pasalnya darah merupakan bagian penting dari manusia.

"Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kota Medan, dengan demikian diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, " pungkasnya. (BS04)


Tag: