Peristiwa

Polda Sumut Masih Lengkapi Berkas Pembunuhan Andi Lala



Polda Sumut Masih Lengkapi Berkas Pembunuhan Andi Lala
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tepat seminggu usai menjalani rekonstruksi pembunuhan sadis sekeluarga di Jalan Kayu Putih, Lingkungan XI, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli pada Senin (08/05/2017) lalu, penyidik kini masih terus melengkapi berkas tiga tersangka pelaku pembunuhan. Hal ini ditegaskan Kasubdit III/Jatanras Polda Sumut, AKBP Faisal F Napitupulu kepada wartawan, Senin (15/05/2017).

 

AKBP Faisal mengatakan, berkas kasus Andi Matalata alias Andi Lala, Rony dan Andi Syahputra masih diproses. Bila telah lengkap, maka penyidik akan mengirimkan berkas tersebut ke jaksa untuk diperiksa. "Untuk kasus pembunuhan Mabar masih kami lengkapi untuk dikirim ke JPU," kata Faisal.

 

Informasi dihimpun, rekonstruksi kasus pembunuhan sadis di Mabar yang menewaskan lima orang anggota keluarga berlangsung di Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau rumah almarhum Riyanto sudah digelar pada pekan lalu. Seharusnya Andi Matalata alias Andi Lala, Roni dan Andi Syahputra melakoni 50 adegan rekonstruksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Namun, dengan alasan keamanan karena massa mulai menyerang para pelaku, dua adegan rekonstruksi terpaksa ditunda dan terpaksa digelar di Polda Sumut.

 

"Untuk adegan ke-12 dan 13 terpaksa digelar di Polda, yaitu saat Andi Lala kembali ke mobil yang katanya ingin ambil alat isap sabu, padahal ingin mengambil besi seberat 15 Kg yang dipakai untuk mengeksekusi para korban dan pada saat seorang saksi bertemu dengan tersangka Roni dan Andi Syahputra," jelas Faisal.

 

Hal ini mengganggu jalannya rekonstruksi, sehingga yang berlangsung di Mabar hanya memperagakan 48 adegan. Faisal menjelaskan, pemeragaan ke-48 adegan bermula dari tahap perencanaan pembunuhan yang dilakukan ketiga pelaku di Lubuk Pakam, Deli Serdang."Untuk efisiensi waktu, peragaan adegan perencanaan itu dilakukan tidak jauh dari lokasi rumah korban Riyanto," kata Faisal. (BS04)


Tag: