Peristiwa

Pencegahan dan Penanganan KDRT di Kabupaten Sergai, Sekdaprovsu Sabrina Tekankan Peranan Keluarga di Masyarakat



Pencegahan dan Penanganan KDRT di Kabupaten Sergai, Sekdaprovsu Sabrina Tekankan Peranan Keluarga di Masyarakat
BERITASUMUT.COM/BS03

Beritasumut.com - Keluarga dan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan dan penanganan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Karena itu, kebersamaan harus senantiasa ditumbuhkan dalam masyarakat maupun keluarga.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina saat menjadi narasumber Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Layanan Perlindungan Perempuan Kewenangan Provinsi dalam Bentuk Pencegahan KDRT di Aula Kantor Kepala Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (08/04/2021).

Solusi permasalahan KDRT, sebutnya, perlu melibatkan banyak pihak. Misalnya kesiapan calon pasangan hingga lingkungan. "Kita semua harus berperan serta dalam pencegahan. Kalau terjadi KDRT harus kita tangani, kebersamaan dalam solidaritas juga harus kita tumbuhkan, kita wajib melindungi sesama kita," ujar Sekdaprovsu.

Baca Juga : Menteri Bintang Ajak Kaum Millenial di Banda Aceh Cegah KDRT Sejak Dini

Menurut Sabrina, kekerasan rumah tangga merupakan pelanggaran hak asasi manusia. KDRT bisa berupa kekerasan psikis maupun fisik hingga seksual. Pelaku KDRT kerap berasal dari lingkaran terdekat korban atau keluarga sendiri.


Tag: