Peristiwa

Pemko Medan Sembelih 74 Lembu Kurban



Pemko Medan Sembelih 74 Lembu Kurban
Istimewa
Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Beritasumut.com - Pemko Medan sembelih 74 ekor hewan kurban, Kamis (24/9/2015). Selain di halaman belakang Kantor Wali Kota, penyembelihan juga dilakukan di 21 kecamatan dan Dinas Kebersihan Kota Medan. Daging hasil penyembelihan yang berasal dari kurban para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemko Medan ini, selanjutnya akan dibagikan kepada warga kurang mampu. Tercatat, 5.180 kupon telah disebar kepada masyarakat untuk mendapatkan daging kurban tersebut.

Di halaman Kator Wali Kota, sebanyak 12 ekor lebu disembelih. Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis didampingi istri  dan anak, menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban tersebut. Mantan Kepala Bappeda Kota Medan beserta keluarga ini pun ikut berkurban. Diharapkannya daging kurban nanti bisa dinikmati warga yang telah menerima kupon bersama keluarga masing-masing.

Sebelum penyembelihan dilakukan, Syaiful lebih dulu memastikan 12 hewan kurban yang akan disembelih benar-benar sehat dan telah memenuhi persyaratan kurban. Setelah memastikan persyaratan hewan kurban dipenuhi, barulah penyembelihan dilakukan diiring dengan kumandang suara takbiran.

Menurut Syaiful, penyembelihan hewan kurban ini selain beribadah juga untuk berbagi kepada para warga yang kurang mampu. "Kita ingin berkurban dan berbagi kepada saudara kita yang belum beruntung, semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan hidayah dan taufik dari Allah SWT,” kata Syaiful.

Syaiful berharap pelaksanaan kurban yang dilakukan Pemko Medan setiap tahunnya ini dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya. Selain seluruh jajarannya, Syaiful juga berharap kesadaran masyarakat yang rezekinya berlebih semakin peduli. Dengan demikian jumlah warga yang berkurban setiap tahunnya semakin bertambah.

Apalagi bilang syaiful, berkurban selain menunjukan rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,    tentunya secara sosial ibadah kurban ini juga menunjukkan semakin baiknya tingkat pendapatan maupun derajat kesejahteraan masyarakat,, sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk menyediakan hewan kurban.          

Asisten Kesejahteraan Masyarakat Setdakot Medan Erwin Lubis selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Pemko Medan menjelaskan, tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak sebanyak 74 ekor lembu. Hewan kurban yang disebelih itu merupakan kurban para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemko Medan.

Untuk Kota Medan sendiri, jelas Erwin, jumlah seluruh hewan kurban yang disembelih berdasarkan hasil laporan seluruh kecamatan di Kota Medan sebanyak 8.890 ekor lembu. Jumlah itu di luar 74 ekor lembu yang disembelih Pemko Medan. Menurut mantan Kadis Pertamanan Kota Medan  ini, jumlah hewan kurban meningkat sedikit dibandingkan tahun lalu. 

“Semoga tahun depan jumlah hewan kurban yang disembelih semakin meningkat lagi,” harap Erwin.

Dijelaskan Erwin, penyembelihan 74 ekor lembu ini dilakukan di seluruh kecamatan ditambah dengan Dinas Kebersihan sebanyak 5 ekor dan halaman Balai Kota Medan sebanyak 12 ekor. Dari 74 ekor hewan kurban yang disembelih ini, Erwin mengungkapkan panitia telah menyebar 5.180 kupon kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu. (BS-001)


Tag: