Peristiwa

Pemko Medan Bersama Ditlantas Poldasu Bentuk Tim Terpadu Wujudkan Penataan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan



Pemko Medan Bersama Ditlantas Poldasu Bentuk Tim Terpadu Wujudkan Penataan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam berlalu lintas, Pemko Medan dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Satpol PP bersama dengan Ditlantas Polda Sumut dan instansi terkait lainnya membentuk tim terpadu yang bertugas melakukan penataan dan penertiban lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Medan.

Hal tersebut diketahui saat digelarnya rapat evaluasi hasil Penataan dan Penertiban Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diadakan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Medan, Kamis (20/06/2024).

Mengawali rapat tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar terlebih dahulu memaparkan hasil kegiatan penertiban yang dilakukan Dishub Kota Medan mulai dari tanggal 7 s/d 19 Juni 2024. Dimana dalam paparanya dijelaskan penindakan dilakukan terhadap pelanggar parkir liar sebanyak 138 pelanggar dilakukan tilang, 5 unit kendaraan di derek, dan 26 kendaraan di gembosi.

"dari hasil penertiban yang telah dilakukan parkir kendaraan yang bermasalah sudah jauh berkurang dan semakin tertata rapi, berkurangnya bus yang ngetem dalam waktu lama, dan untuk bus AKAP maupun AKDP sudah tertiba masuk kedalam terminal Amplas," kata Iswar dalam rapat yang dihadiri langsung Dirlantas Poldasu, Kombes Pol Muji Ediyanto.

Meski penertiban terus dilakukan, Iswar menyadari masih juga ditemukan adanya pelanggaran. Oleh karena itu Iswar menyarankan agar mengembalikan fungsi sarana dan prasana jalan raya.

"Kalau kita sepakat, saya yakin kita bisa mengembalikan fungsinya, misalnya trotoar untuk pejalan kaki, bukan sebagai tempat parkir, bahu jalan sebagian boleh dijadikan tempat parkir, namun selebihnya untuk pengguna lalu lintas," jelas Iswar.


Tag: