Peristiwa

Pemkab Taput Bantu Perbaikan Rumah Korban Puting Beliung



Pemkab Taput Bantu Perbaikan Rumah Korban Puting Beliung
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) bantu perbaikan rumah korban puting beliung. Perbaikan rumah korban puting beliung tersebut dilakukan melalui sejumlah instansi terkait.

"Kami berharap berharap semua bersinergi untuk membantu korban puting beliung. Bantuan antara lain perbaikan rumah korban puting beliung. Ada sebanyak 155 KK yang terdampak, sehingga mereka bisa kembali menempati rumahnya," ujar Sekda Kabupaten Taput Indra Simaremare.

Perihal bantuan perbaikan rumah korban puting beliung tersebut disampaikan Sekda mewakili Vupati Taput saat memberikan penghiburan, Selasa (09/03/2021). Turut mendampingi sekda, Ny Satika Nikson Nababan br Simamora dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Taput.

Perbaikan rumah korban puting beliung ini, mengingat pada Senin (08/03/2021) petang sekira pukul 15.20 WIB seratusan rumah warga di sejumlah desa di dua Kecamatan yakni Tarutung dan Si Atas Barita, rusak diterjang puting beliung. Selain merusak rumah warga, satu unit jembatan juga mengalami rusak ringan.

Sekda menyampaikan bantuan perbaikan rumah korban beliung tersebut disampaikan Bupati Taput Nikson Nababan dengan menginstruksikan OPD terkait. Dians tersebut yakni Dinas Perumahan Rakyat (Perkim) dan BPBD. Selain bantuan perbaikan rumah korban puting beliung, Pemkab juga memberikan bantuan sembako.

Dalam kesempatan tersebut, Satika Nikson Nababan juga menyampaikan pentingngnya melakukan antisipasi untuk kejadian serupa. Antisipasi dimaksud berupa penyiapan bangunan rumah penduduk yang bisa lebih tahan jika terjadi puting beliung. Juga dengan membentuk benteng-benteng agar angin puting beliung tidak sampai merusak rumah warga.

"Hal ini perlu diantisipasi, mungkin bisa dibangun seperti benteng di lokasi-lokasi yang sering terjadinya angin puting beliung. Sehingga, saat terjadi lagi, rumah warga bisa diminimalisir dari kerusakan yang ditimbulkan," katanya.(BS12)


Tag: