Peristiwa

Panitia Kompetisi Paduan Suara Internasional Laporan Kesiapan ke Gubsu



Panitia Kompetisi Paduan Suara Internasional Laporan Kesiapan ke Gubsu
Beritasumut.com/BS03
Panitia paduan suara saat beraudiensi dengan Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi

Beritasumut.com-Upaya untuk mengangkat Objek Wisata Danau Toba sebagai wisata dunia terus digalakan. Tidak hanya pemerintah, pihak swasta dan masyarakat juga turut ambil bagian membesarkan objek wisata yang digadang-gadangkan sebagai Monaconya Asia. Salah satunya pagelaran Kompetisi Paduan Suara Internasional The 1st North Sumatra International Choir Competition yang rencananya digelar 18-24 Juli 2016 di Parapat Kabupaten Simalungun dan Laguboti Kabupaten Toba Samosir.

Ketua Panitia Pelaksana Jones Celnov Lubis mengatakan kegiatan kompetisi paduan suara nantinya dibagi dalam berbabagi kategori yakni workshop dan choral clinic serta eksibisi terkait seni budaya dan kepariwisataan di Sumatera Utara yang berbasis lingkungan dan kearifan lokal mengangkat Tema Let's Sing For Peace.

"Dengan nyanyian ini kita membawa kedamaian," ujar Jones melaporkan kesiapan panitia saat beraudiensi kepada Gubsu H T Erry Nuradi MSi di ruang kerja Gubsu Lt 9 Kantor Gubsu, Selasa (12/07/2016).

Selain melaporkan kesiapan panitia, kedatangan Jones dan kawan-kawan sekaligus untuk mengundang Gubernurs Sumatera Utara Ir H T Erry Nuradi untuk berkenan membuka acara tersebut pada tanggal 18 Juli 2016 di Parapat. Kegiatan ini kata Jones awalnya direncanakan akan dilaksanakan di Kota Medan mengingat sarana dan prasarana yang lebih memadai.

Namun, mengingat program pemerintah pusat sedang konsentrasi menggerakaan destinasi Danau Toba maka panitia punya inisiatif untuk mengadakan kegiatan ini di Parapat dan Laguboti. Kabupaten-kabupaten di sekitar Danau Toba juga ikut berpartisipasi membuka stan-stan pameran tentang ragam budaya masyarakat yang ada di sekitar kawasan Danau Toba dan juga Sumatera Utara.

Dijelaskan kompetisi nantinya akan diikuti 65 tim dari Indonesia dan luar negeri dengan 10 kategori. Untuk kegiatan ini panitia menyiapkan 7 orang juri berasal dari luar dan dalam negeri.

"Selain kompetisi paduan suara, kegiatan ini juga untuk promosikan wisata Danau Toba. Kemungkinan acara ini akan dihadiri lebih seribuan peserta, karena penyanyinya saja 1.200 orang belum termasuk official dan pendamping" ujar Jones.(BS03)


Tag: