Peristiwa

PW NU Sumut Tegaskan Pemindahan Masjid Amal Silaturrahim Sesuai Fakta Hukum



PW NU Sumut Tegaskan Pemindahan Masjid Amal Silaturrahim Sesuai Fakta Hukum
BERITASUMUT.COM/BS04
"Karena sesungguhnya surat dimaksud ditujukan kepada Nadzir Wakaf Masjid dan BKM Masjid Amal Silaturrahim sebagai bentuk peringatan saja. Di mana surat tersebut telah pula dijawab oleh BKM Masjid Amal Silaturrahim yang menyatakan tetap memilih masjid yang baru yang dibangun oleh Perum Perumnas. Fakta ini tertuang dalam surat BKM Masjid Amal Silaturrahim No. 04/BKM-AS/XI/2019, tertanggal 1 November 2019," ucap Ibnu kepada wartawan.

Tim penyelesaian juga telah melihat adanya Penetapan Pengadilan Agama Medan Nomor : 204/Pdt.P/2020/PA.Mdn tanggal 6 Oktober 2020, yang pada pokoknya menyatakan dibolehkan melakukan pemindahan masjid walaupun masih ada pihak-pihak yang keberatan dengan putusan tersebut dan melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung, namun dapat dipahami bahwa pada hakikatnya pemindahan masjid dapat dilakukan.

Yang kemudian saat ini berdasarkan penelusuran media pada sistem kepaniteraan MA status kasasi sudah putus dengan amar NO (niet ontvankelijke verklaard) yang artinya adalah Permohonan Kasasi dari pihak APMAS tidak dapat diterima. Hal tersebut dinyatakan oleh Majelis Hakim Kasasi Mahkamah Agung RI dalam Putusan Nomor : 507/K/Ag/2021 tanggal 26 Agustus 2021;

Baca Juga : Kementerian PUPR Bangun Kembali Pasar Aksara Kota Medan dengan Konsep Green Building

"Tim juga menemukan fakta adanya surat Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Nomor : A-637/DP-MUI/IV/2021, tertanggal 18 Sya’ban 1442 H/1 April 2021 M tentang Penjelasan Perpindahan Wakaf (Istibdal) Masjid Amal Silaturrahim (MAS) yang ditujukan kepada Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, yang pada pokoknya menjelaskan bahwa perpindahan (istibdal) Masjid Amal Silaturrahim (MAS), sesuai Fatwa MUI Pusat Nomor 54 Tahun 2014, dapat dilakukan untuk kemaslahatan umum dan menghindari bahaya (dharar)" paparnya.


Tag: