Peristiwa

Netizen Fair 2021, Dinas Kominfo Medan Terus Kembangkan Literasi Digital



Netizen Fair 2021, Dinas Kominfo Medan Terus Kembangkan Literasi Digital
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika tetap mengembangkan literasi digital agar masyarakat cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi digital. Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Mansursyah diwakili Kasi Ekosistem TIK, Robert Sianturi pada perhelatan Literasi Digital Netizen Fair 2021, Selasa (23/11/2021) di Hotel Four Point Medan.

“Kegiatan yang dihelat Kementerian Kominfo ini menjadi contoh baik untuk mengembangkan literasi digital bagi generasi muda di Medan,” ucapnya di sela-sela kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini.

Pemko Medan juga terus mendorong para siswa dan mahasiswa di Medan agar bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Diharapkan dengan program literasi digital, para siswa maupun mahasiwa di Medan dapat membuat konten-konten yang baik dan kreatif. “Kita juga sosialisasikan agar generasi muda tidak termakan hoaks. Cermat dapat menilai konten-konten di media sosial, tidak hanya membaca judul, rajin mencari data dan fakta, melihat sumbernya terpercaya atau tidak,” ungkapnya.

Baca Juga : Gelar Papua TechFest 2021, Kemkominfo Berikan Pelatihan Start-up Digital Bagi Pemuda Papua

Program Literasi Digital, lanjut Robert, memiliki empat pilar mendasar untuk mendukung percepatan proses berlangsungnya transformasi digital yaitu, etika digital (digital ethics), budaya digital (digital culture), keterampilan digital (digital skill), dan keamanan digital (digital safety). "Dengan menguasai keempat pilar tersebut, masyarakat diharapkan dapat memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan internet dan teknologi secara aman, beretika, dan optimal," terangnya.


Tag: