Peristiwa

Musa Rajekshah Buka Danau Toba Rally 2021, Pulihkan Ekonomi Sumut dan Kembalikan Kejuaraan Dunia



Musa Rajekshah Buka Danau Toba Rally 2021, Pulihkan Ekonomi Sumut dan Kembalikan Kejuaraan Dunia
BERITASUMUT.COM/BS03
Untuk itu, lanjutnya, diharapkan kejuaraan rally tidak berhenti hanya di sini saja, tapi bisa berlanjut di tahun 2022 tingkat Asia Pasifik dan 2023 tingkat dunia, World Rally Champhionship (WRC). "Tahun depan target IMI Asia Pasifik yang sebelumnya sudah direncanakan berlangsung di tahun 2021 tapi karena pandemi harus dibatalkan dan acara ini pun sudah di akhir-akhir bulan dilaksanakan, dan Alhamdulillah, akhirnya diberi izin dan mohon doa untuk semua agar di tahun 2023 WRC bisa kembali ke Indonesia, tepatnya di Sumut, Danau Toba," jelasnya.

Ijeck mengaku telah menyampaikan keinginan kembalinya WRC yang sebelumnya di tahun 1996-1997 pernah terlaksana di Danau Toba untuk dapat terlaksana kembali di Tahun 2023. Hal ini pun, telah Ia sampaikan ke Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan telah mendapat persetujuan dan meminta IMI untuk memaparkan lebih detail agar dapat dianggarkan di Tahun 2023, karena Danau Toba memang menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

"Untuk menarik wisatawan memang harus ada event yang dibuat misalnya seperti sport tourism seperti hari ini, atau event lainnya baik itu taraf nasional hingga internasional. Maka kalau tadi IMI sudah bersemangat, Bapak Bupati Simalungun katanya juga siap mendukung kita lihat nanti APBD-nya masuk enggak rally ini, kalau Sumut sudah jelas, Dinas Pariwisata dan beberapa dinas lainnya sudah komitmen untuk ini," ujar Ijeck.

Baca Juga : Pemkab Toba Apresiasi FGD Smart City 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba

Maka, lanjut Ijeck untuk menyambut kejuaraan dunia sarana dan prasarana baik itu penginapan, infrastruktur harus terus diperbaiki. "Biaya sirkuit kalau di Mandalika butuh biaya besar, di sini gak perlu karena lintasan kita sudah ada. Tapi kita butuh sarana prasarana, kalaulah sudah taraf dunia hotel saat ini tidak mencukupi untuk menampung semua, semoga semakin tumbuh hotel-hotel baru di Sumut dan jalan tol sudah bisa selesai. Untuk para peserta siap-siap beli mobil baru untuk tahun 2023," ujar Ijeck tertawa.


Tag: