Peristiwa

Monitoring PKK Nias Selatan, Nawal Lubis Sampaikan Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Sukseskan Program PKK



Monitoring PKK Nias Selatan, Nawal Lubis Sampaikan Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Sukseskan Program PKK
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk saling bekerja sama, bersinergi, serta berkolaborasi dengan baik, agar pelaksanaan pembinaan melalui sistem rentang kendali 1-3-6-9-12 berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat pelaksanaan kegiatan monitoring TP PKK Sumut dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (12/09/2022).

Menurut Nawal Lubis, perkembangan kegiatan PKK telah mengalami perubahan sejak keluarnya Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017, serta hasil Rakernas IX PKK. Hal ini perlu disikapi semua kader PKK, baik kelembagaan, administrasi dan 10 program pokok PKK.

Untuk itu, katanya, agar program kerja PKK bisa berjalan dengan baik, diharapkan PKK bisa menciptakan jaringan kemitraan yang tidak mengikat dan bermanfaat besar bagi PKK. "Di sini hadir Bapak Kepala Desa dan Bapak Bupati, saya berharap PKK sebagai mitra pemerintah bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk suksesnya program PKK, dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Nias Selatan," harap Nawal.

Selain itu, Nawal Lubis juga mengajak para kader PKK melalui Program Hatinya PKK bisa menggerakan dan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan. "Manfaatkan pekarangan untuk menanam sayur mayur, cabai, minimal untuk konsumsi keluarga sendiri. Kalau di Nias ini ikan cukup banyak, sehingga potensi stunting bisa ditekan bersama dengan hadirnya perempuan-perempuan tangguh," harap Nawal.

Sementara Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan, PKK sebagai mitra pemerintah dalam mendukung visi misi pembangunan terus akan didukung. "Pemkab Nisel mendukung PKK melalui APBD. Walau pandemi Covid-19 melanda, kami tidak lupa untuk turut mendukung PKK melalui anggaran," katanya.

Bupati berharap, kehadiran Tim Monitoring PKK Sumut bisa memberikan masukan dan bimbingan, serta memotivasi kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Selatan, untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyukseskan 10 program pokok PKK dengan baik.


Tag: