Peristiwa

Mensos Jamin Perlindungan Sosial untuk Korban Gempa di Malang



Mensos Jamin Perlindungan Sosial untuk Korban Gempa di Malang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Menanggapi gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang dan sekitarnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjamin perlindungan para korban terdampak. Bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Mensos mengatakan pihaknya memberikan jaminan perlindungan hidup para korban gempa dengan harapan standar minimumnya dapat terpenuhi.

"Kalau sekarang ini, tahap tanggap bencana, dan itu yang di depan saya, Mensos. Jadi, sekarang ini, yang penting saya menyelamatkan dulu orangnya, mereka yang jadi korban," kata Mensos Risma dilansir dari Kemensos.go.id, Selasa (13/04/2021).

"Kalau berkaitan dengan kesehatan, ya Menkes. Tapi, karena di sini relatif aman, tidak banyak yang cedera, ada yang luka berat, tapi sudah mendapat penanganan dari Puskesmas, nah, kemudian saya menjamin bahwa mereka yang tertimpa ini dari segi kebutuhan-kebutuhan dasarnya terpenuhi," sambung Mensos.

Baca Juga : Pasca Gempa di Malang, 700 Anggota TNI Turun Bersihkan Puing Bangunan yang Ambruk

Mantan Walikota Surabaya dua periode itu mencontohkan beberapa kasus, seperti ibu hamil dan kelompok rentan, yang dia temui di lapangan, dipastikan langsung diberikan penanganan di Puskesmas. "Tadi ada yang hamil langsung diangkut, dibawa ke Puskesmas. Termasuk yang sudah tua, kakinya bengkak karena tertimpa reruntuhan, itu juga dibawa ke Puskesmas dulu," tuturnya.


Tag: