Peristiwa

Melalui Program Masjid Mandiri, Walikota Medan Ingin Masjid dan Jemaahnya Makmur



Melalui Program Masjid Mandiri, Walikota Medan Ingin Masjid dan Jemaahnya Makmur
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Program Masjid Mandiri merupakan salah satu program yang digagas Wali Kota Medan, Bobby Nasution sejak pertama kali dilantik menjadi wali kota.

Melalui program ini, masjid di dorong agar dapat mengembangkan ekonomi keumatan salah satunya melalui pembentukan koperasi masjid yang dapat di manfaatkan oleh para jemaahnya untuk meningkatkan perekonomian.

"Dengan adanya koperasi masjid, para jemaah dapat memanfaatkanya untuk meningkatkan ekonomi, dengan begitu jemaah akan makmur begitu pula dengan masjidnya juga akan ikut makmur, " kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri kegiatan Safari Jum'at Pemko Medan di Masjid Taufik, Jalan Masjid Taufik, Kecamatan Medan Perjuangan, Jum'at (26/01/2024).

Dihadapan ratusan jemaah masjid yang hadir, Wali Kota Medan, Bobby Nasution kemudian mengungkapkan program Masjid Mandiri ini bertujuan untuk mendorong masjid agar berkembang mengikuti perkembangan zaman. Artinya masjid harus difungsikan seperti pada Zaman Rasulullah SAW, dimana masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sebagai tempat pendidikan, pusat pengembangan kegiatan ekonomi keumatan dan kegiatan sosial lainnya.

"Karena kami ingin melalui program ini rasa kepedulian sosial diantara masyarakat juga semakin meningkat, jangan sampai ada jemaah atau tetangga kita yang mengalami kesusahan tetapi kita malah tidak peduli," ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution meyakini apabila seluruh masjid di Kota Medan dapat mengaktifkan program Masjid Mandiri ini, maka akan banyak sekali masyarakat Kota Medan yang terbantu.

"Apabila masyarakat sudah terbantu, pasti masjidnya juga akan ikut makmur," kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Dalam kesempatan itu, tidak lupa Wali Kota Medan, Bobby Nasution kembali mengingatkan masyarakat agar jangan mau dipecah belah hanya karena perbedaan pilihan politik dalam pemilu nanti.

"Jangan mau dipecah belah hanya karena perbedaan pilihan, sebab perpecahan hanya akan menyebabkan bangsa kita rapuh dan bisa hancur," pesannya.

Dalam acara yang juga dihadiri pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, KanKemenag Kota Medan, camat beserta unsur muspika Kecamatan Medan Perjuangan tersebut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga turut menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya hibah sebesar Rp.50 juta untuk pembangunan/renovasi masjid, bantuan sosial sebesar Rp.10 juta, bantuan bibit cabai dan budidaya ikan, bantuan perlengkapan tenis meja, bantuan satu unit steling usaha, dan bantuan rak buku. Kemudian Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga menyerahkan akte pendirian koperasi masjid.

Sementara itu, Ketua BKM Masjid Taufik Heri Novandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang telah memilih Masjid Taufik sebagai tempat berlangsungnya kegiatan Safari Jum'at Pemko Medan.

Dirinya juga merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemko Medan. Bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun kamar mandi, pelebaran pintu dan juga membangun rumah imam.(BS07)


Tag: