Peristiwa

Masyarakat di Minta untuk Tidak Menelantarkan ODGJ



Masyarakat di Minta untuk Tidak Menelantarkan ODGJ
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Lebih jauh Ismail merinci, dari jumlah tersebut yang mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa di tahun 2019 ada sebanyak 395 orang, tahun 2020 ada 386 dan triwulan I 2021 berjumlah 327 orang."Sementara untuk temuan kasus pasung baru hingga 2021 hanya sekitar 20 persen dari jumlah estimasi," katanya.

Sementara itu, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan mulai melakukan vaksinasi bagi ODGJ. Walikota Medan, Bobby Nasution menyampaikan, pihaknya juga sudah mengagendakan penyuntikan tersebut dan untuk jumlahnya akan dikoordinasikan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). "Nanti akan diinformasikan jumlah ODGJ yang divaksin," ujar Bobby.

Ketua Yayasan Rumah Sehat, Afif Abdillah menambahkanya jika pihaknya telah menyediakan sekitar 250 dosis vaksin khusus untuk ODGJ. Untuk mempermudah mencari ODGJ yang disuntik vaksin, pihaknya berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. "Rencana penyuntikan vaksin kepada ODGJ ini, tidak bisa sembarangan memberikan vaksin ke ODGJ," terangnya.

"ODGJ yang akan divaksin harus dalam keadaan baik atau tenang dan mendapat izin dari keluarganya.Kapasitas kita itu 250 dosis, nanti tergantung dari rumah sakit usulan seperti apa. Tentu harus ada izin keluarga dan ODGJ dimaksud harus tenang, baru bisa disuntik vaksin," pungkas anggota DPRD Medan ini.(BS09)


Tag: