Peristiwa

Lima Kapolres dan Empat Pejabat Utama Polda Sumut Diganti



Lima Kapolres dan Empat Pejabat Utama Polda Sumut Diganti
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran terhadap jajarannya. Dari jumlah ratusan personel Polri yang dimutasi, di antaranya terdapat lima Kapolres dan empat Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut).

Informasi diperoleh, Rabu (29/3), mutasi jajaran Polda Sumut ini tertuang dalam surat telegram (TR) Kapolri nomor ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Ketiga TR tersebut ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 27 Maret 2023.

Adapun lima Kapolres yang dimutasi, yakni AKBP Ali Machfud yang sebelumnya menjabat Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Sumut. Penggantinya sebagai Kapolres Sergai adalah AKBP Oxy Yudha Pratesta yang sebelumnya menjabat Dittipideksus Bareskrim Polri.

Kemudian AKBP Roman Smaradhana Elhaj yang sebelumnya menjabat Kapolres Asahan diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolresta Magelang di Polda Jateng. Penggantinya sebagai Kapolres Asahan adalah AKBP Rocky Hasuhunan Marpaung yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pakpak Bharat.

Sedangkan untuk pengganti Kapolres Pakpak Bharat diangkat AKBP Bambang Christanto Utomo yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Muda Bidang Misinter Divhubinter Polri.

Selanjutnya AKBP Achmad Muhaimin yang sebelumnya menjabat Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirbinmas Polda Sumut. Penggantinya sebagai Kapolres Humbahas adalah AKBP Hary Ardianto yang sebelumnya menjabat Kasubdit Regident Ditlantas Polda Bali.

Selain itu juga ada nama AKBP Mochamad Kunto Wibisono yang sebelumnya menjabat Kapolres Tebingtinggi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbagsumda Setpuskeu Polri. Penggantinya sebagai Kapolres Tebingtinggi adalah AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon yang sebelumnya menjabat Kasubdit Kamsel
Ditlantas Polda Kaltim.

Sedangkan untuk posisi PJU Polda Sumut, terdapat nama Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan yang sebelumnya menjabat Kabid Propam Polda Sumut dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri (dalam rangka dik sespimti polri Dikreg ke-32 TA 2023). Penggantinya ditunjuk Kombes Pol Dudung Adijono Auditor yang sebelumnya menjabat Kepolisian Madya Itwasda Polda Jabar.

Lalu ada Kombes Pol Raja Sinambela yang sebelumnya menjabat Kabid TIK Polda Sumut dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Tekinfo Div TIK Polri (dalam rangka dik sespimti polri Dikreg ke-32 TA 2023). Penggantinya adalah AKBP Muhammad Adenan yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar RO SDM Polda Sumut.

Berikutnya adalah Kombes Pol Mahedi Surindra yang sebelumnya menjabat Kepala SPN Polda Sumut dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Gacikwa Lemdiklat Polri (dalam rangka dik sespimti polri Dikreg ke-32 TA 2023). Pengganti Kepala SPN Polda Sumut ditunjuk Kombes Pol Iwan Setyawan yang sebelumnya menjabat Kusubditbinpolmas Ditbinmas Karobinmas Baharkam Polri.

Terkahir adalah Kombes Pol Bambang Sigit Priyono yang sebelumnya menjabat Dirsamapta Polda Sumut dimutasikan sebagai Pamen Polda Sumut (dalam rangka pensiun). Penggantinya adalah Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat Polri (dalam rangka dik sespimti polri Dikreg ke-31 TA 2022).


Tag: