Peristiwa

Lapak Pedagang di Kawasan Gedung Arca dan Stadion Teladan Dibongkar Personil Gabungan



Lapak Pedagang di Kawasan Gedung Arca dan Stadion Teladan Dibongkar Personil Gabungan
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Personel gabungan yang terdiri dari petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kecamatan, kelurahan dan aparat Kepolisian melakukan penggusuran terhadap lapak pedagang yang berada di kawasan Stadion Teladan dan Jalan Gedung Arca, Medan, Selasa (18/09/2018) sore. Penggusuran ini khususnya dilakukan, terhadap lapak pedagang yang berdiri diatas trotoar jalan, karena telah melanggar Perda.

 

Amatan wartawan, sebelum melakukan penggusuran, personel gabungan terlebih dahulu menggelar apel di depan Polsek Medan Kota. Selanjutnya petugas langsung bergerak melakukan pembersihan terhadap lapak pedagang yang dimulai dari seputaran stadion Teladan dan disusul di Jalan Gedung Arca. Untuk melakukan penggusuran, dua unit alat berat diturunkan untuk membongkar lapak pedagang. Penggusuran ini sendiri sempat diwarnai aksi protes dari para pedagang, namun hal ini tidak diindahkan oleh petugas, dan penggusuran tetap dialngsungkan.

 

Camat Medan Kota, Edi Mulia Matondang yang dikonfirmasi dilokasi mengatakan, penggusuran ini memang dilakukan untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pelarangan membangun secara permanen diatas parit dan trotoar badan jalan. "Prinsipnya kira tidak memberikan peluang. Kalau mereka (pedagang) kembali berjualan, kita akan datang lagi," ungkapnya.

 

Meski begitu, Edi menyebutkan, jika pihaknya sudah memberikan solusi kepada pedagang yang digusur, yakni dengan mengarahkan lokasinya ke belakang stadion Teladan. "Jadi bisa kita tata rapi, artinya tidak semeraut seperti ini. Karenanya, setelah penggusuran ini dilakukan, kita akan membangun posko disini," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Medan Kota Kompol Revi Nurvelani menyatakan, dalam penggusuran ini kepolisian hanya berperan sebagai pengamanan pemerintah dalam menegakkan perda. "Kita selaku aparat hanya membantu backup pelaksanannya. Agar kegiatan ini bisa berjalan aman," tandasnya. (BS04)


Tag: