Peristiwa

Komnas HAM Surati Jokowi, Keberatan Integrasi Penelitian ke Dalam BRIN



Komnas HAM Surati Jokowi, Keberatan Integrasi Penelitian ke Dalam BRIN
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Komnas HAM menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keberatannya terkait fungsi penelitian dan pengkajian diintegrasikan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal itu karena Komnas HAM sebagai lembaga independen menilai tidak tepat rencana integrasi fungsi penelitan itu dengan BRIN tersebut.

"Tidak mungkin lembaga independen seperti Komnas HAM ini kemudian diintegrasikan tugas fungsinya ke dalam BRIN, karena itu kita sudah menyampaikan surat keberatan kami kepada Presiden RI atas inisiatif untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi penelitian dan kajian itu ke dalam BRIN," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, dalam acara Catatan Akhir Tahun Komnas HAM, yang disiarkan secara virtual, Selasa (28/12/2021).

"Sebab Komnas HAM itu lembaga independen yang diatur oleh UU, oleh karena itu tentu tidak tepat," sambungnya.

Taufan mengatakan sejatinya Komnas HAM mengapresiasi langkah BRIN dalam mengintegrasikan unit penelitian dan pengembangan kementerian/lembaga dengan BRIN. Namun, Taufan menilai pengintegrasian fungsi penelitian Komnas HAM dengan BRIN itu dianggap keliru karena Komnas HAM sejatinya merupakan lembaga independen.

"Ini langkah yang sekarang diambil oleh BRIN, kita apresiasi tapi terhadap Komnas HAM itu langkah yang keliru," ungkapnya.

Sebab Taufik mengatakan berdasarkan UU 39 tahun 1999 Pasal 79, juncto Pasal 89 ayat 1, Komnas HAM mempunyai tugas dan fungsi sebagai lembaga yang melakukan pengkajian dan penelitian.


Tag: