Peristiwa

Ketua Dekransda Sumut Nawal Lubis Luncurkan Buku ‘Tenun Sumatera Utara’



Ketua Dekransda Sumut Nawal Lubis Luncurkan Buku ‘Tenun Sumatera Utara’
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis meluncurkan buku berjudul ‘Tenun Sumatera Utara’. Buku yang merangkum indahnya kain tenun Sumut tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan kepada adat istiadat, budaya dan sejarah etnis di Sumut, khususnya kain tenun.

"Buku ini mudah-mudahan bisa memperkuat eksistensi kain tenun khas Sumut, bisa menjadi salah satu media promosi bagi pelaku UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dekransda, serta informasi masyarakat tentang wastra Sumut, sehingga anak cucu kita tidak lupa akan jati diri sebagai masyarakat Sumut yang kaya akan wastra,” ujar Nawal Lubis, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (18/08/2023).

Hadir di antaranya Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumut Dian Arief S Trinugroho, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumut Mulyadi Simatupang dan Ketua Rukun Wanita Bank Sumut Fitri Hadi Sucipto.

Nawal Lubis mengatakan, peluncuran buku ini juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan 78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Launching buku Dekranasda hari ini mungkin yang terakhir selama saya menjabat, sudah 5 tahun, ini yang terakhir program Dekransda. Alhamdulilah, semua program kerja dan kegiatan Dekransda Sumut bisa terlaksana. Terima kasih dukungan semua stakeholder yang ada di Sumut, terima kasih Kominfo yang telah mendukung kita melalui suara-suaranya sehingga Dekransda menjadi lebih baik, terima kasih kepada para desainer dan para model yang telah mendukung Dekrnasda Sumut," katanya.

Peluncuran buku ini juga dimeriahkan penampilan fashion show hasil tenun karya perancang dari Sumut, yang dipakai langsung oleh ibu-ibu Kepala OPD Pemprov Sumut yakni Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar, Kepala Dinas Sosial Sri Suriani Purnamawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yuliani Siregar, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aprilia Haslantini Siregar, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Rita Tavip dan Direktur UPTD Khusus Rumah Sakit Haji Medan Rehulina Ginting. Juga ada penampilan fashion show dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumut.

Pada kesempatan tersebut, Nawal Lubis juga menyerahkan Top 3 Award kepada IKM berprestasi yakni pengrajin tenun Batubara Alm Azhar Abdullah yang diterima istrinya, pengrajin Tenun Tapanuli Utara (Taput) Surlina Hutabalian dan pengrajin craf (anyaman pandan) Eva Harlina. Juga pemberian bantuan sosial kepada 30 pelaku IKM binaan Dekrnasda Sumut.(BS03)


Tag: