Peristiwa

Kepala KUA Medan Helvetia Bimbing Calon Pengantin Islam tentang Wawasan Pernikahan



Kepala KUA Medan Helvetia Bimbing Calon Pengantin Islam tentang Wawasan Pernikahan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Medan Helvetia Muhammad Lukman Hakim Hasibuan SAg MA, kembali tampil sebagai narasumber Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi calon pengantin (catin) pranikah yang sudah tercatat di berbagai Kantor Urusan Agama Kecamatan se-Kota Medan.

Lukman yang merupakan Fasilitator Nasional dalam Bimbingan Perkawinan di Jakarta dan telah bersertifikat sejak tahun 2017 ini, sering mengisi kelas pranikah yang diadakan di beberapa KUA sekota Medan.

"Di awal tahun 2017 sampai tahun 2018 masih sedikit fasilitator yang telah mengikuti bimtek dari Kota Medan pada waktu itu. Untuk Kota Medan saya yang pertama sekali diutus ke Jakarta. Alhamdulillah belakangan ini sudah banyak Kepala KUA yang telah mengikuti bimtek untuk pelaksanaan bimbingan Perkawinan. Tentu tugas saya sebagai fasilitator jadi terbantu,” ujarnya di sela-sela acara pelaksanaan Bimbingan Perkawinan bagi catin di Kecamatan Medan Marelan, Selasa (07/09/2021).

Baca Juga : Mulai Agustus 2021, Kemenag Setop Penerbitan Kartu Nikah Fisik

Kepala KUA Medan Helvetia, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Rabu (08/09/2021) menjelaskan, pelaksanaan bimbingan perkawinan terdiri dari dua model. Model bimbingan perkawinan mandiri dan tatap muka, model tatap muka dilakukan selama 2 hari yang diakumulasikan menjadi 16 Jam pelajaran.

Selama 2 hari, calon Pengantin dibimbing dengan modul pelajaran yang sudah dipersiapkan,untuk menambah wawasan tentang perkawinan. "Diharapkan calon pengantin semakin siap dalam mengelola dinamika rumah tangga ke depan,” tandasnya. (BS09)


Tag: