Peristiwa

Kepala KUA Medan Denai Sosialisasi Penerbitan SK Majelis Taklim



Kepala KUA Medan Denai Sosialisasi Penerbitan SK Majelis Taklim
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Medan Denai, Yakhman Hulu, S.Ag,M.I.Kom melakukan sosialisasi tata cara pengurusan adminitrasi penerbitan SK Majelis Taklim. Menurutnya, sangat penting bagi setiap majelis taklim untuk memiliki kepengurusan yang sah dari Kementerian Agama. "Harus disadari bahwa majelis taklim merupakan garda terdepan dalam melakukan pembinaan umat khususnya dikalangan ibu-ibu pengajian," ujar Kepala KUA Medan Denai, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (22/10/2021).

Pada kesempatan tersebut, Yakhman Hulu menguraikan sekaligus menjelaskan adminitrasi yang dibutuhkan dalam penerbitan SK Majelis Taklim diantaranya, permohonan penerbitan SK, profil majelis taklim, keterangan domisili dari kelurahan setempat, struktur kepengurusan, foto kegiatan majelis taklim, fotocopy KTP pengurus MT, daftar nama anggota, daftar nama ustad dan daftar hadir anggota pengajian.

Adapun peserta yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 16 majelis taklim utusan dari beberapa kelurahan di Kecamatan Medan Denai. Hj. Ida sitepu salah seorang peserta sosialisasi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ini merupakan suatu langkah terobosan dari Kepala KUA yang baru bertugas di Kecamatan Medan Denai. "Selama ini keberadaan majelis taklim berjalan secara natural hanya dengan semangat untuk kebaikan," ungkapnya.

Baca Juga : Kemenag dan MUI Madina Muzakaroh Tentang Pemindahan Jenazah Pahlawan

Menurutnya, banyak majelis taklim yang belum memiliki legalitas formal dari Kementerian Agama. "Para peserta berkomitmen untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan," pungkasnya. Turut hadir dalam sosialisasi ini Penyuluh Agama Islam Fungsional PNS dan Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Medan Denai. (BS09)


Tag: