Peristiwa

Kepala ANRI Kunjungi Depo Arsip Medan



Kepala ANRI Kunjungi Depo Arsip Medan
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto mengunjungi Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Kamis (11/8).
Dalam kunjungan itu, Imam memberikan motivasi dan berharap agar penyelenggaraan kearsipan diiringi transformasi digital serta jalinan kolaborasi dengan pemerintah daerah lain, perguruan tinggi, juga tokoh-tokoh masyarakat.

Mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan, Adlan yang saat ini tengah mengikuti Diklat PIM, Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, Doharni Susilawaty, S.STP., M.Si. dan Kabid Pengelolaan Layanan dan Pemanfaatan Arsip, Mopul Bernad, mendampingi Kepala ANRI melakukan peninjauan ke tempat penyimpanan arsip Pemko Medan ini.

Imam Gunarto menilai, pengelolaan kearsipan yang dilakukan di Depo Arsip Kota Medan ini relatif baik dan tentunya harus ditingkatkan lagi. Salah satunya adalah dengan melakukan modernisasi. "Tata cara pengelolaan arsip harus lebih dimodernisasi lagi," ucapnya.

Dia juga mengingatkan koleksi arsip Kota Medan ini perlu juga diketahui masyarakat. Hal ini, lanjutnya, bisa dilakukan melalui pameran arsip.
"Misalnya, pameran koleksi sejarah Kota Medan. Itu penting sekali diketahui warga Medan, agar nantinya warga tahu dan bangga jadi warga Medan. Dan ini juga akan bermanfaat bagi peneliti. Ini merupakan promosi," sebutnya.

Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan, Doharni Susilawaty, S.STP., M.Si. mengungkapkan kedatangan Kepala ANRI ini menambah semangat dalam meningkatkan penyelenggaraan kearsipan Pemko Medan.

Dia juga menyampaikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan juga terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan arsip di lingkungan Pemko Medan melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek).

"Kami selalu berusaha meningkatkan pengelolaan kearsipan dan tentunya untuk mendapatkan hasil yang optimal dijalin kolaborasi dengan berbagai pihak," ungkapnya.(BS07)


Tag: