Peristiwa

Kemenag Sumut dan Aceh Bahas Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Perbatasan



Kemenag Sumut dan Aceh Bahas Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Perbatasan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Plt Kakanwil Kemenag Sumatera Utara T Darmansah dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh HM Daud Pakeh, bertemu di Medan dalam rangka membahas upaya penguatan kerukunan di wilayah perbatasan. Pembahasan ini dihadiri pula oleh Kasubbag Hukum & KUB Rakhmad Mulyana yang digelar di Kantor Kemenag Sumatera Utara, Medan, Jumat (20/07/2018).

 

"Kami sengaja bersilaturrahmi dengan Kakanwil Sumut, untuk sama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama sekaligus mencari solusi terbaik untuk terwujudnya kerukunan umat beragama di Aceh terutama di daerah perbatasan,” ujar Daud Pakeh, dilansir dari Kemenag.go.id, Jumat (20/07/2018).

 

Kedua Kepala Kanwil ini membahas sejumlah faktor penyebab timbulnya konflik umat beragama serta solusinya. Keduanya juga membahas rencana kerja sama dalam merawat kerukunan umat beragama di Aceh dan Sumatera Utara. Salah satunya, komitmen bersama untuk kerjasama penempatan penyuluh Agama dan dai-dai di daerah perbatasan Aceh-Sumatera Utara. Kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan peran aktif Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di wilayah perbatasan. Jika ada letupan persoalan, FKUB diharapkan bisa melakukan deteksi dini dan memediasi penyelesaian persoalan umat beragama.

 

Plt Kakanwil Kemenag Sumatera Utara T Darmansah menyambut baik inisiatif Daud Pakeh untuk membangun kebersamaan dalam merawat kerukunan umat beragama di Perbatasan Aceh Sumut. "Kami menyambut baik wacana ini, kami siap bersinerji dengan Kemenag Aceh," ujar Darmansyah, didampingi Kasubbag Hukum & KUB Kanwil Kemenag Sumut. 

 

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Aceh juga bertemu dengan FKUB Aceh Tamiang dan juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta melaksanakan dialog umat beragama di beberapa daerah untuk mewujudkan Kerukunan Umat Beragama di Aceh. Daerah perbatasan Aceh - Sumatera Utara mencakup wilayah Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Tamiang. (BS02)


Tag: