Peristiwa

Kemenag Bakal Gelar Dialog Budaya Keagamaan di Awal Juli 2021



Kemenag Bakal Gelar Dialog Budaya Keagamaan di Awal Juli 2021
BERITASUMUT.COM/IST
Dia berharap, melalui pertemuan ini Pemerintah dapat memperoleh masukan pemikiran terkait moderasi beragama dari kesultanan-kesultanan yang ada di Indonesia. “Kesultanan itu masih eksis lho. Setidaknya ada 200an kesultanan di Indonesia. Nah yang masuk dalam Forum Kesultanan sekitar 50an,” jelas Gunaryo.

“Kebetulan Sultan Kasepuhan Cirebon adalah Ketua Forum Kesultanan di Indonesia. Ini kalau kita kumpulkan, kemudian kita dengar suara mereka tentang moderasi beragama yang diprogramkan oleh pemerintah, akan menjadi lebih hebat lagi gaungnya,” imbuhnya.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sumanta Hasyim mengemukakan setidaknya ada dua alasan mengapa Cirebon dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Dialog Budaya Keagamaan. Pertama, Cirebon merupakan salah satu daerah yang memiliki peninggalan khazanah turats terbesar di nusantara. “Di antara semua kesultanan di Indonesia, warisan Turats Kesultanan Cirebon yang terbesar,” jelas Sumanta.

Baca Juga : Pro Aktif Tangkal Radikalisme dan Terorisme, USU Tandatangani MoU dengan BNPT dan PTPN

“Kedua, Cirebon memiliki potensi diaspora tokoh budaya. Kita berharap ini dapat menyumbangkan pemikiran terkait moderasi beragama. Apalagi, saat ini kami bekerjasama dengan Balitbang untuk menerjemahkan Al-Qur’an dalam bahasa Cirebon,” imbuh Sumanta.


Tag: