Peristiwa

Kemenag Asahan Sembelih 10 Ekor Sapi Kurban di Hari Raya Idul Adha 1442H



Kemenag Asahan Sembelih 10 Ekor Sapi Kurban di Hari Raya Idul Adha 1442H
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Keluarga Besar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Asahan melaksanakan penyembelihan sepuluh (10) ekor sapi sebagai hewan kurban di Halaman Kantor Kemenag Asahan, Kamis (22/07/2021), dimulai pagi pukul 06.00 WIB.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Asahan Dr H Hayatsyah MPd, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban menyampaikan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus dengan protokol kesehatan juga, penyembelih dan pekurban harus mengenakan masker juga sarung tangan.

"Setelah melakukan penyembelihan, pekurban diharapkan langsung meninggalkan tempat dan segera melepas/membuang sarung tangannya ketempat yang sudah disediakan. Pisau untuk penyembelihan hewan kurban sebanyak sapi yang akan disembelih, dikarenakan juga harus sesuai protokol kesehatan. Pekurban dipersilahkan datang mengambil kembali daging kurbannya bakda Salat Ashar," ujar Kakan Kemenag Asahan, Dr H Hayatsyah MPd, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Jumat (23/07/2021).

Baca Juga : Kemenag Sumut Serahkan Sapi Kurban Kepada PD Tarbiyah Perti Sumut

Hayatsyah menyampaikan bahwa tidak diperkenankan berkerumun saat pengambilan daging hewan kurban. "Panitia sudah membuat alur bagaimana sistematika pengambilan daging kurban tersebut. Intinya tidak ada perkerumunan saat penyembelihan maupun pembagian daging kurban. Sekali lagi saya ingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan ini," imbuhnya.

Ketua Panitia Pelaksana Hewan Kurban 14422H, H Taufik menyampaikan bahwa jumlah hewan kurban yang akan disembelih sebanyak sepuluh (10) ekor sapi dan masing-masing pekurban dikenakan biaya kurbannya sebesar Rp. 2.400.000,- (Dua Juta Empat Ratus Ribu Rupiah). Jika ada kelebihan dana setelah kegiatan penyembelihan hewan kurban ini nantinya maka sisa uang kurban akan dikembalikan lagi kepada pekurban.

“Sangat diharapkan kepada para pekurban agar datang tepat waktu saat kegiatan penyembelihan hewan kurbannya dan bilamana pekurban belum hadir juga saat hewan kurbannya akan disembelih maka atas nama panitia akan mengambil kebiojakan untuk tetap menyembelih hewan tersebut dengan catatan izin dengan pekurban. Ini dilakukan agar tidak ada penundaan dalam penyembelihan hewan kurban," ucapnya.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Kantor Kementerian Ahgama Kabupaten Asahan berjalan tertib dan tidak ada kendala apapun. Tepat pukul 17.00 WIB kegiatan penyembelihan hewan kurban sudah selesai dilaksanakan berikut pembagian daging kurban. Berdasarkan zona kuning di Kabupaten Asahan maka penyembelihan hewan kurban tidak dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH). (BS09)


Tag: