Peristiwa

Kabupaten Pidie Aceh Kembali Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4.4



Kabupaten Pidie Aceh Kembali Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4.4
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Senin (08/01/2024) pukul 08.21 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo (M)4.4.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.85° LU dan 96.07° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 28 km Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya Aceh pada kedalaman 6 km," ungkap Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Hendro Nugroho dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di daerah Pidie dengan skala intensitas III MMI, yakni berupa getaran yang dirasakan nyata dalam rumah/terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian di daerah Pidie Jaya dengan skala intensitas II MMI, yakni getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.(BS04)


Tag: