Peristiwa

KRI Sultan Iskandar Muda 367 Sambangi Turki



KRI Sultan Iskandar Muda 367 Sambangi Turki
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com -Setelah berpatroli selama satu bulan, KRI Sultan Iskandar Muda-367 (SIM) sandar di Mersin International Port, Turki dan disambut oleh Atase Pertahanan RI untuk Turki Kolonel Inf Sjaiful Thalib SH MSi, Selasa (08/06/2021).

Pada kesempatan ini para awak kapal akan berbelanja kebutuhan logistik berupa bahan makanan, bahan bakar dan berbelanja spare parts untuk memenuhi stok departemen mesin. Selama berada di Mersin, para anak buah kapal (abk) diberikan kesempatan untuk melaksanakan pesiar secara terpimpin.

Sekedar informasi, hanya di kalangan TNI/Polri saja istilah "pesiar" digunakan. Pesiar dalam istilah TNI merupakan kegiatan yang dilakukan oleh ABK saat kapal berlabuh atau sandar di dermaga. Biasanya kegiatan pesiar diisi dengan tamasya, berolahraga, bermain musik hingga berkomunikasi dengan keluarga. Tak jarang, di situasi pandemi ABK lebih memilih tidur di kapal untuk mengisi waktu "pesiar"nya.

Baca Juga : TNI AL Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Perairan Asahan

Penggunaan terminologi "pesiar" sudah menjadi tradisi angkatan laut sedunia, bukan hanya TNI AL. Semangat "persaudaraan pelaut" atau secara luas dikenal dengan "seamen brotherhood"lah yang sedikit banyak berpengaruh pada gaya penamaan unik tersebut.


Tag: