Peristiwa

HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar, Gubernur Edy Rahmayadi Minta Personel Perkuat Latihan dan Berani dalam Tugas



HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar, Gubernur Edy Rahmayadi Minta Personel Perkuat Latihan dan Berani dalam Tugas
beritasumut.com/BS03
Sementara Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawarni mengatakan, bahwa Satpol PP, Satlinmas dan Damkar akan menghadapi tantangan demi tantangan seiring menjalankan tugas. Sedangkan TNI/Polri adalah mengawal pelaksanaan tugas para satuan itu saat bekerja di lapangan.

"Ketertiban dan ketentraman tidak bisa dikerjakan sendiri oleh TNI/Polri. Harus semuanya bekerjasama. Kita diberikan kewenangan dan peran masing-masing," ungkap Jawarni.

Begitu juga prinsip dalam menjalankan tugas, khususnya Satpol PP dalam hal penertiban, tidak jauh berbeda dengan apa yang oleh kepolisian dijalankan. Yakni mengedepankan langkah Preemtif, Preventif dan Represif.

"Harus preemtif dulu, baru yang terakhir represif, jangan dibalik. Termasuk juga Satlinmas, jika mereka kuat di masyarakat, maka polisi tak perlu turun (tangan)," sebutnya.

Ia juga menyambut baik ide Gubernur yang menginginkan rekrutmen personel Satpol PP dari hasil seleksi TNI/Polri. Karenanya mereka selalu berkomitmen untuk kolaborasi bersama, khsusnya dalam hal melatih.

Usai upacara, Gubernur pun menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah Kasatpol PP dan Dinas Damkar Kabupaten/Kota atas komitmennya menjaga ketentraman dan ketertiban umum.

Hadir di antaranya unsur Forkopimda Sumut, serta turut mendampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Tuahta Saragih, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Abdul Haris Lubis, serta keluarga besar Satpol PP Sumut, kabupaten kota dan TNI/Polri. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh Gubernur.(BS03)


Tag: