Peristiwa

HUT HKBP Menteng ke-66, Menteri Agama Apresiasi Kiprah Jemaat Gereja Rawat Keberagamaan Indonesia



HUT HKBP Menteng ke-66, Menteri Agama Apresiasi Kiprah Jemaat Gereja Rawat Keberagamaan Indonesia
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi kiprah jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Menteng Jakarta dalam merawat dan menjaga keberagamaan Indonesia. Hal ini disampaikan Menag saat menghadiri perayaan HUT HKBP Menteng ke-66 yang digelar di Jakarta Selatan, pada Sabtu (25/09/2021) malam. Hadir dalam perayaan HKBP Menteng ke-66, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Pendeta HKBP Ressort Menteng dan segenap jemaat Gereja HKBP Menteng Jakarta.

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jemaat HKBP Menteng yang telah merawat Indonesia melalui keberagaman dalam beragama," kata Menag, dilansir dari Kemenag.go.id, Minggu (26/09/2021). Disampaikan Menag, usia ke-66 bukan hanya soal deret angka semata. Lebih dari itu, usia menunjukkan perjalanan yang cukup panjang dalam rentang pengabdian. Selama perjalanan tersebut, lanjut Menag, Gereja HKBP Menteng telah menorehkan berbagai kiprah dan melewati dinamika yang penuh dengan tantangan.

Gereja yang memiliki motto “Jadi saluran berkat damai sejahtera dan suka cita bagi masyarakat” ini, kata Menag, perlu merefleksi atas peran internal maupun eksternal agar kehadirannya betul-betul memberikan warna sosial yang produktif dalam membangun umat beragama yang berkarakter. "Saya hadir di sini untuk menunjukkan rasa cinta saya kepada jemaat HKBP. Saya ingin menyampaikan pesan penting, mari kita sebagai umat beragama menjaga Indonesia yang memang milik dan hak kita semua," ujar Gus Yaqut.

Baca juga : Wakil Walikota Medan Ingatkan Pentingnya Agama, Pendidikan dan Kesehatan

Indonesia, tegas Menag, tidak akan pernah berdiri dan merdeka jika tidak ada umat Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khonghucu, dan Islam. "Indonesia merdeka karena semua agama. Maka tidak boleh ada satu orang pun atau kelompok yang mengklaim berhak atau milik mereka. Indonesia milik kita semua. Mari kita rawat bersama-sama," tandas Menag.

Di akhir sambutan, Menag mengapresiasi peran dan kontribusi Gereja HKBP Menteng dalam mensukseskan program vaksinasi masyarakat umum tanpa melihat status dan agama. "Ini luar biasa. Sebab tidak banyak organisasi keagamaan yang mau memerhatikan masyarakat secara umum. Terus terang saya melihat HKBP Menteng melaksanakan program vakisnasi masyarakat tanpa melihat agama. Terima kasih HKBP Menteng yang telah ikut berperan dalam usaha kita bersama menghadapi Covid-19," tutup Menag. (BS09)


Tag: