Peristiwa

Gubernur Sumut Minta PDAM Tirtanadi Percepat Kejar Target Kebutuhan Air Minum Masyarakat



Gubernur Sumut Minta PDAM Tirtanadi Percepat Kejar Target Kebutuhan Air Minum Masyarakat
BERITASUMUT.COM/BS03
Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi menyampaikan, pihaknya menargetkan paling lambat, tahun 2023 kebutuhan air masyarakat Kota Medan akan terpenuhi. Upaya yang dilakukannya adalah mempercepat pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru.

Dijelaskan Kabir, IPA berkapasitas 1.100 liter/detik dibangun di Binjai, yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR, ditargetkan selesai November 2022. PT PDAM Tirtanadi juga telah melakukan nota kesepahaman dengan pihak swasta untuk membangun IPA berkapasitas 500 liter/detik di Brayan, Kota Medan, akan selesai awal 2023.

Di Johor, Kota Medan, pihaknya juga sudah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Tirta Sukses akan membangun IPA berkapasitas 400 liter/detik, ditargetkan selesai tahun 2023. “Kehadiran kita, bagaimana permasalahan bisa kita selesaikan dengan cara mempercepat seluruh pembangunan instalasi air, karena solusinya bagaimana harus ada instalasi-instalasi baru di Kota Medan ini,” kata Kabir.

Mengenai MoU dengan PT Tirta Sukses yang disaksikan Gubernur Edy Rahmayadi, Kabir mengatakan kerja sama yang dilakukan dengan pola Build Operate and Transfer (BOT). Ia menjelaskan, pembangunan dilakukan pihak swasta. Kemudian dalam beberapa tahun instalasi tersebut akan diserahkan kepada PDAM Tirtanadi.

Sementara itu Direktur PT Tirta Nusantara Sukses Sukarman berkomitmen pihaknya akan menyelesaikan pembangunan instalasi tersebut sesuai target. Sehingga kebutuhan air minum masyarakat dapat terpenuhi.“Sesuai dengan harapan Pak Gubernur, kami berkomitmen akan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu,” kata Sukarman.(BS03)


Tag: